DetikHot

celeb

Buka-bukaan Awkarin Alami Depresi Selama 2 Tahun saat SMA

Selasa, 23 Okt 2018 08:46 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
Buka-bukaan Awkarin Alami Depresi Selama 2 Tahun saat SMA Foto: Desi Puspasari
Jakarta - Awkarin kembali muncul di media sosial. Dara berusia 20 tahun itu muncul dengan membuka cerita masa lalunya.

Salah satunya adalah saat dirinya mengalami depresi saat masih duduk di bangku SMA. Padahal saat itu perempuan bernama lengkap Karin Novilda itu jauh dari bermain Instagram atau dramanya yang nangis-nangis karena diputusin cowok.

"Mentaal illeness bukan sesuatu hal yang bisa disepelekan, ditertawakan, dan dipermainkan. Di luar negeri semua orangtua sudah aware mental illness atau mental disorder. Saat mereka kecil, mereka juga sudah bawa anaknya ke psikolog. Bukan berarti mereka pesimis karena mereka aware itu hal yang nggak bisa disepelekan," jelas Awkarin dalam video terbaru di YouTube Channel-nya, Selasa (23/10/2018).



Ketika SMA, Awkarin keluar masuk rumah sakit karena depresi yang dialaminya. Akan tetapi, sampai saat ini dirinya mash tak tahu apa yang jadi penyebab dirinya alami depresi.

"Waktu SMA aku pernah keluar masuk rumah sakit karena mengalami a time of suiciade. Ya segitu parahnya mental depression banyak banget yang tanya apa penyebabnya. Jujur aku sampai sekarang nggak tahu. Karena di Indonesia aku termasuk orang yang nggak aware sama mental dissorder. Orang indonesia itu cenderung malu menceritakan sesuatu yang berbeda yang mereka alami. Mental illness sesuatu yang malu untuk sharing ke orang lain, jadi orang-orang nggak aware," ungkap Awkarin.

"Jujur banget nih waktu SMA aku benar-benar nggak tahu ngomong sama siapa masa-masa aku depresi. Aku juga nggak tahu aku harus konsultasi ke-expert. Aku juga nggak tahu sebaiknya harus sharing ke orangtua atau orang yang ngerti. And get it worse, day by day," lanjutnya.



Awkarin menuturkan selama SMA banya hal yang selalu dia pikirkan dan merasa takut kehilangan. Itulah yang dia alami hingga membuatnya merasa depresi.

"Waktu SMA depresi karena aku mikir ini itu, aku takut akan kehilangan sesuatu bisa jadi itu orang nggak harus pacar bisa sahabat atau teman, bisa keluarga. Situasi apa yang aku punya aku takut kehilangan. Aku juga takut tergantikan, aku juga takut nggak jadi yang terbaik buat semua orang," ceritanya.

Tapi masa-masa depresi selama dua tahun itu Awkarin lewati sendiri. Dia berusaha bangkit dengan banyak membaca dan menonton hal-hal yang bisa memotivasi dirinya.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui curhatan Awkarin di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(pus/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed