DetikHot

celeb

Deretan Artis Kecam Aksi Biadab Pengeroyokan Suporter Persija hingga Tewas

Senin, 24 Sep 2018 14:55 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
Deretan Artis Kecam Aksi Biadab Pengeroyokan Suporter Persija hingga Tewas Anang Hermansyah (Foto: dok. Instagram)
Jakarta - Bukan lagi sekadar menyayangkan, tapi banyak yang mengecam aksi pengeroyokan suporter Persija Jakarta hingga tewas. Haringga Sirila pulang hanya dengan nama setelah menonton laga Persib melawan Persija akhir pekan lalu.

Anang Hermansyah termasuk pihak yang menyayangkan aksi keroyokan itu. Dia sangat prihatin Haringga meninggal setelah dikeroyok oleh puluhan oknum suporter Persib Bandung atau Bobotoh.

"Saya sangat prihatin dan berduka mendalam atas meninggalnya suporter sepakbola. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa yang memilukan ini," ujar Anang melalui pesan singkat kepada detikHOT, Senin (24/9/2018).

Anang meminta aparat penegak hukum mengusut masalah itu sampai selesai. Menurutnya, harus ada upaya perubahan dalam tata kelola suporter olahraga, khususnya sepakbola di Indonesia.

"Pengelolaan suporter sepakbola harus melibatkan tiga pihak sekaligus, yakni organisasi suporter, pemilik klub sepakbola, dan pemerintah daerah (pemda). Koordinasi itu sifatnya bukan seremonial, tapi menyangkut pembinaan, termasuk diarahkan pada hal-hal kreatif lainnya," sebut Anang.


Selain Anang, pesepakbola Syamsir Alam prihatin melihat peristiwa tersebut. Aksi sok jagoan Bobotoh membuatnya geram dan merasa sepakbola Indonesia kembali tercoreng.

"Sepakbola itu adalah 'perdamaian..Datang ke stadion itu untuk silaturahmi bukan untuk 'sok jagoan'..Jagoan itu yang bisa bekerja keras mencari nafkah untuk keluarga. Jagoan itu yang bisa melindungi yang lemah. Jagoan itu bukan yang berani nya ramai2x..!!Yang di lapangan saja saling damai,sehabis bermain, saling berpelukan dan berjabat tangan... Kenapa yang seharusnya mendukung dan membuat kreativitas malah anarkis? Sampai kapan kita berharap kejadian seperti inilah yang terakhir untuk sepakbola Indonesia? Jangan hanya wacana.!! Tanamkan di dalam hati..!Jangan hanya bicara banyak di media sosial..!tapi buktikan aksi nyata..!tunjukkan sepakbola Indonesia itu cinta damai.!! Saya yakin suporter Persib semua cinta damai..Tapi ada beberapa oknum yang menjadi pengecut dan harus di basmi.!!" tulisnya di Instagram.


Uya Kuya dan Billy Sesalkan Bentrok Persija-Persib yang Tewaskan Satu Orang, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Siapa yang tega melihat satu orang dikeroyok hingga tak berdaya dan tewas di tengah ratusan orang. Haringga dikeroyok setelah menyaksikan pertandingan Persib versus Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, akhir pekan kemarin.

Hengky Kurniawan, sebagai Wakil Bupati Bandung Barat, juga menyerukan polisi menangkap semua oknum yang berbuat rusuh dan menyebabkan Haringga tewas.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun, Turut berduka untuk salah satu suporter Persija. Semoga Pihak kepolisian mengusut tuntas aksi biadab ini. Merah-Putih kita masih sama. Sepakbola tidak sebanding dengan nyawa, semoga tidak terulang," harap Hengky Kurniawan.


Simak Juga 'Viking Bicara Tewasnya Suporter Persija oleh Oknum Bobotoh':

[Gambas:Video 20detik]


(pus/mau)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed