DetikHot

celeb

7 Komika Sukses di Indonesia

Sabtu, 22 Sep 2018 08:11 WIB  ·   Jenaka Narendra - detikHOT
7 Komika Sukses di Indonesia Raditya Dika Foto: Noel/detikHOT
Jakarta - Dalam delapan tahun terakhir, dunia stand up comedy di Indonesia semakin berkembang pesat. Sejumlah ajang pencarian bakat digelar untuk mengorbitkan para komika menjanjikan. Beberapa lagi sudah membangun karir dalam genre humor ini sejak lama.

Minat masyarakat yang semakin tinggi terhadap stand up comedy pun mendatangkan popularitas dan kesuksesan besar bagi sejumlah komika Tanah Air. Berikut 7 komika yang disebut-sebut terkaya di Indonesia.

1. Ge Pamungkas

Foto: Dok. Instagram/gepamungkas
Tak hanya lucu, pria satu ini juga dikenal ganteng. Tak heran jika popularitas juara satu SUCI season 2 ini meroket cepat. Selain banjir tawaran stand up, komika ini juga mendapat banyak tawaran bermain film.

Ia telah berperan dalam sejumlah judul seperti Mars Met Venus dan Negeri Van Orange. Dari kerja kerasnya Ge Pamungkas dapat membeli apartemen di pusat Jakarta dan mengikuti hobinya belanja barang-barang bermerek.

2. Soleh Solihun

Foto: Asep Syaifullah
Berbeda dari sebagian besar komika lainnya, Soleh Solihun mengawali karir sebagai wartawan. Pria ini juga multitalenta, sehingga selain job stand up comedy ia juga mendapat pemasukan sebagai penyiar radio dan pembawa acara televisi.

Belakangan Soleh Solihun juga merambah dunia perfilman. Ia telah berakting, menulis, bahkan memproduksi beberapa film Tanah Air. Tah heran jika pundi-pundi penghasilannya semakin gemuk saja.

3. Arie Kriting

Foto: (Kurnia/detikTravel)
Arie Kriting jadi salah satu pelopor komika asal Indonesia Timur di dunia hiburan Tanah Air. Selain konten guyonannya yang lucu, gaya bicara khasnya membuat Arie ikonik. Ia juga dikenal cerdas dan kerap melontarkan kritik sosial. Tak hanya laris di panggung komedi, pria asal Kendari ini juga rajin bermain di layar lebar.

Meski mungkin belum terlalu moncer, namun di kalangan komika, Arie Kriting termasuk yang tersukses. Wajahnya kini sering muncul di televisi untuk memandu acara yang membuat penghasilannya semakin besar.

4. Pandji Pragiwaksono

Foto: Muhammad Ridho
Sebelum jadi komika, Pandji telah terkenal sebagai MC, presenter televisi, aktor dan penyiar radio. Ia boleh dibilang salah satu dedengkot dunia stand up comedy tanah air.

Kesuksesannya sebagai komika ditunjukkan dengan menggelar tur stand up keliling dunia. Pandji juga merambah dunia bisnis investasi sehingga penghasilannya semakin besar dan tak terbatas dari honor melawak semata.

5. Kemal Palevi

Foto: Gus Mun
Juara ketiga SUCI season 2 ini pandai melihat peluang dan tak membatasi karir di panggung stand up comedy saja. Berawal dari main film dan sinetron, Kemal merambah platform lain seperti YouTube.

Sukses besar pun berhasil didulang pria asal Samarinda ini. Sekarang penghasilan per tahunnya diramalkan mulai dari Rp 157 juta hingga Rp 2,5 miliar hanya dari monetisasi YouTube semata.

6. Ernest Prakasa

Foto: Ernest Prakasa di FFI 2017 (Febri/detikHOT)
Juara ketiga SUCI season 1 ini menjadi salah satu pelopor bagi para komika untuk mengadakan tur atau pertunjukan keliling daerah. Tak hanya tergantung pada job di Ibu Kota atau acara televisi semata.

Selain itu alumni Universitas Padjajaran ini juga menjajal dunia film dan ternyata sukses besar. Film-film garapan Ernest selalu laris manis di bioskop. Bahkan filmnya Cek Toko Sebelah berhasil go internasional. Kesuksesan Ernest pun kemungkinan besar berimbas pada pundi-pundi uang yang didapatkannya.

7. Raditya Dika

Foto: Ismail/detikHOT
Selain Panji, Raditya Dika juga jadi salah satu nama yang 'dituakan' dalam dunia stand up Tanah Air. Ia dianggap sebagai mentor bagi para komika dari ajang pencarian bakat di tv-tv nasional. Sebelum jadi komika, pria berdarah Batak ini merupakan penulis buku sukses.

Ia pun merambah dunia perfilman sebagai aktor, penulis, sutradara dan produser. Raditya Dika juga sangat sukses di sejumlah platform media sosial seperti YouTube dan Instagram. Dari sini ia diramalkan bisa mendapat pemasukan paling sedikit Rp 2 miliar setiap tahunnya.


Simak Juga 'Pesan Menarik Pandji Pragiwaksono untuk Komika':

[Gambas:Video 20detik]


(dar/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed