DetikHot

celeb

Perjalanan Karier Reza Oktovian, Dari Penjaga Warnet Jadi YouTuber Jutawan

Rabu, 12 Sep 2018 09:10 WIB  ·   Jenaka Narendra - detikHOT
Perjalanan Karier Reza Oktovian, Dari Penjaga Warnet Jadi YouTuber Jutawan Foto: Instagram @rapyourbae
Jakarta - YouTuber Reza Oktovian atau yang akrab disapa Reza Arap menjadi buah bibir setelah menghapus channelnya. Banyak fans yang menyayangkan keputusan pria yang terkenal dengan tagline 'gamer ganteng idaman' itu.

Sebelum meninggalkan dunia YouTube, channel Reza telah diikuti 2,3 juta subscribers. YouTube menjadi ladang emas bagi Reza, yang memberinya pendapatan ratusan juta rupiah per bulan.

Reza Arap berjuang dari nol untuk menjadi seleb YouTube dan menjadi jutawan seperti sekarang. Berikut perjuangan pria kelahiran Jakarta, 15 Januari 1990, ini.

Jaga Warnet dan Tukang Ojek

Reza dibesarkan oleh ibunya seorang diri sebagai orang tua tunggal. Ketika sang ibu memutuskan pindah ke luar Jakarta, Reza memilih tetap bertahan di Ibu Kota dengan usahanya sendiri.

Ia pun menjalani berbagai pekerjaan, mulai penjaga kasir warnet, tukang ojek, sampai berjualan kosmetik dari rumah ke rumah pun pernah dilakoninya.

Hobi Ngegame dan Ngefans Pewdiepie

Sejak kecil, Reza Arap sangat menggilai dunia game. Ia selalu bermain seusai jam sekolah. Ibunya pun mendukung hobi sang putra dengan membelikan CD game terbaru.

Saat menjadi penjaga warnet, ia berkenalan dengan dunia YouTube. Melihat minat dan kelebihannya, Reza akhirnya membangun gaming channel.

Ia pun terinspirasi dari kesuksesan Pewdiepie, YouTuber gaming dengan subscriber terbanyak di dunia.

Jadi Top YouTuber Indonesia

Selain video gaming yang lucu, Reza rajin mengisi channel YouTube-nya dengan konten-konten menarik lain, seperti vlog, sketsa lucu, atau klip video. Lambat laun angka subscriber dan viewers-nya meningkat.

Pada 2018, ia diperkirakan bisa meraup pendapatan Rp 340 juta sampai Rp 5,4 miliar per tahun dari monetization akun YouTubenya.

Selain di YouTube, Reza aktif di media sosial Instagram. Pengikutnya pun tak kalah banyak di sini. Tak berhenti sampai di situ, kekasih selebgram Wendy Walters ini juga merambah dunia hiburan mainstream.

Mulai menjadi MC, rapper, sampai jadi bintang film pun pernah dicicipi. Ia telah merilis sejumlah lagu dan membintangi film layar lebar berjudul 'MODUS'. Reza bahkan pernah meluncurkan game sendiri.

Hapus Channel YouTube

Pada Senin, 10 September 2018, Reza membuat keputusan besar dengan menghapus channel YouTube-nya. Lewat Instagram Story, ia mengakui YouTube adalah bagian besar dalam hidupnya.

Tanpa YouTube, ia tak bisa mencapai kesuksesan dan kekayaan yang dinikmatinya saat ini.

Namun Reza juga menyebut aktif selama tujuh tahun sudah cukup baginya di YouTube. Ia ingin berfokus pada kehidupan nyata, kekasih, dan musiknya.

Pemilik akun Instagram @rapyourbae ini juga mengungkapkan niatnya berfokus pada klub eSports yang didirikannya. Keputusan ini disambut dengan kesedihan para fans dan sesama YouTube creator Indonesia.

Punya 2,3 Juta Subscriber, YouTuber Reza Arap Tutup Akun YouTube, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(ken/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed