DetikHot

celeb

Berkaca-kaca, Agatha Suci Cerita soal 2 Anaknya yang Autis

Selasa, 14 Ags 2018 19:27 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Berkaca-kaca, Agatha Suci Cerita soal 2 Anaknya yang Autis Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Agatha Suci berbagi cerita soal kedua anaknya yang mengalami autis. Memang, ada perjuangan ekstra untuk seorang ibu yang punya anak berkebutuhan khusus.

Sedikit berbagi pengalaman, jebolan Indonesian Idol itu awalnya tidak tahu kalau anak pertamanya yang bernama Kahlia Adinda berbeda dari anak-anaknya biasanya. Sampai umur 11 bulan, Agatha Suci shock saat menerima kenyataan kalau perkembangan anaknya berbeda dari yang lainnya.

"Sebagai ibu baru kan juga belum terlalu tahu ya tentang perkembangan perkembangan tu step nya tu kayak apa gitu. Dan mulai 11 bulan agak agak gimana. Kan kita masa milenial iPad lah. Kok pinter banget ni anak, detik keberapa, tahu. Mama mau lihat lagu ini pas lagi ngasih roti, detik ke 17 tu, aku sampe 'ada yang nggak beres ni dari ni anak'. Soalnya kan nggak mungkin kan anak-anak seumuran dia tu detail seperti itu," ucap Agatha Suci saat ditemui di Kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/8/2018).

Agatha Suci Nggak Mau Sedih di depan dua Anaknya

"Terus kalau dipanggil, Kahlia Kahlia Kahlia, sampe KALIA. baru nengok. Terus nggak ada eyes contact and everything. Ah ini nggak bener ni, ada yang nggak beres ni. Terus aku periksain ke dokter tumbuh kembang anak, dan benar. Ternyata kalau sekarang kan dijadiin satu ya, autis namanya. Nggak ada yang dikotak-kotakan. Kalau dulu kan nggak," sambungnya berkaca-kaca.

Sampai akhirnya, Agatha Suci membawa sang anak ke dokter. Dokter mengatakan kalau Kahlia memiliki kelainan. Ia pun sempat terdiam saat mengetahui hal itu.

"Terus dia (dokter) bilang 'ibu ini anaknya autis' oh gitu. Udah diem. Nggak bisa ngomong apa-apa hahaha. i was really sad. But bukan really sad yang kayak 'aduh... Kenapa ya dia, salah gw apa ya dan segala macem'," tutur Agatha Suci.

Kena Tumor Otak, Begini Kondisi Terkini Anak Marcella Zalianty, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


Dengan penuh kesabaran, pelantun 'Cintai Aku Lagi' itu harus menerima kenyataan untuk mengurus putrinya tersebut. Saat usia Kahlia memasuki satu setengah tahun, ia pun hamil anak kedua. Dengan pilu, lagi-lagi Agatha Suci harus mengalami kenyataan yang sama.

"Lalu aku lagi hamil tu. Umur satu setengah tahun Kahlia, lahirlah anak aku yang kedua. Unlike the sister, yang kedua ini lumayan bagus. Dia punya kontak mata dan segala macem. Wooo heboh," papar Agatha Suci.

"Tapi, ke sini sini mulai kaget. Arsya itu bagus, eye contact nya. Tapi dia nggak berkata kata. Terus karena mungkin udah punya pengalaman sebelumnya, anakku tu dua duanya lahirnya sakit. Jadi ternyata dokter bilang ada bakteri apa yang harusnya hidup di bawah kulit tapi hidupnya di vagina. Yang akan menjadi masalah kalau aku melahirkan secara normal. Anakku dua duanya itu dua Minggu di ICU," pungkasnya.
(hnh/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed