DetikHot

celeb

Dhawiya dan Kekasih Dituntut 2 Tahun Rehabilitasi

Selasa, 14 Ags 2018 15:25 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
Dhawiya dan Kekasih Dituntut 2 Tahun Rehabilitasi Foto: Dhawiya dan Pacar (Desi/detikHOT)
Jakarta - Sidang narkoba Dhawiya Zaida sampai dalam agenda pembacaan tuntutan. Dhawiya dan Muhammad pun bersanding mendengarkan jaksa penuntut umum membacakan tuntutan.

Dhawiya yang duduk dengan didampingi sang kekasih, Muhammad mendengarkan dengan khusyuk kata perkara tuntutan yang dibacakan oleh jaksa penuntut umum. Sebelumnya, dalam pembacaan dakwaan, Jaksa Penuntut Umum mendakwa Jennifer Dunn dengan Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 1 jo Pasal 132 ayat 1, dan pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.



Dari tiga pasal tersebut Dhawiya terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara dan paling minimal 4 tahun penjara. Akan tetapi, Salah seorang saksi ahli datang dari dokter yang memeriksa Dhawiya dari BNNP, dr. Nadya merekomendasikan agar Dhawiya di rehabilitasi dalam kesaksiannya.

JPU Lenna membacakan kalau Dhawiya tidak terbukti melanggar pasal 114 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 dan pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009.

"114 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika tidak terpenuhi dan tidak terbukti, maka harus dibebaskan atas dakwaan primer," ucap Lenna.



"Dalam dakwaan subsider pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika sebagaimana tidak terbukti dan tidak terpenuhi maka harus dibebaskan dari dakwaan subsider. Dalam dakwaan subsider Pasal 127 ayat 1 UU huruf a RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, unsur ini telah secara sah dan terbukti," lanjutnya.

Oleh karena itu JPU berharap majelis hakim menjatuhkan pidana selama dua tahun kepada putri bungsu Elvy Sukaesih.

Dhawiya dan Kekasih Dituntut 2 Tahun RehabilitasiFoto: Dhawiya dan Pacar (Desi/detikHOT)


Dhawiya Dituntut Rehabilitasi 2 Tahun, tonton videonya di 20Detik
[Gambas:Video 20detik]

"Menuntut menyatakan terdakwa Dhawiya Binti Zedun Z terbukti bersalah dan melakukan tindak pidana Narkotika golongan 1 bagi diri sendiri sebagaimana yang dimaksud pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika sesuai dakwaan subsider kami. Sehingga menjatuhkan pidana kepada terdakwa Dhawiya Binti Zedun Z selama dua tahun pidana, pidana tersebut dijalani di rumah sakit ketergantungan obat RSKO Cibubur Jakarta Timur dikurangi selama masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa," tegas Lenna.

Usai mendengarkan pembacaan tuntutan Dhawiya dipertanyakan untuk memberikan pembelaan. Pembelaan akan diserahkan ke kuasa hukum dan dibacakan pada tanggal 28 Agustus 2018.

Dhawiya meninggalkan ruang persidangan, JPU lanjut membacakan tuntutan untuk Muhammad. Sama seperti Dhawiya, Muhammad juga dituntut dua tahun pidana dengan menyelesaikan sisa masa tahanan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat.


(pus/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed