Penjelasan Pengadilan soal Vonis Cerai Abdee 'Slank' dan Anita

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Senin, 13 Agu 2018 16:32 WIB
Foto: Abdee Negara (Rachman Haryanto)
Jakarta - Putusan cerai Abdee 'Slank' dan Anita Farida menuai polemik. Anita merasa tak diberitahu hari ini ada sidang sehingga dirinya merasa dicurangi. Lantas seperti apa penjelasan pihak pengadilan?

"Perkara cerai talak dengan nomor register 3448/pdtg/2017/PA Jaksel, atas nama Abdee Negara dengan Anita Dewi Farida hari ini, Senin 13 Agustus 2018 sudah diputus oleh majelis hakim dengan putus di luar hadir termohon jadi putusannya karena pemohon pada waktu pembacaan putusan tidak hadir maka diputus di luar hadir termohon," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jarkasih, di kantornya, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (13/8/2018).

"Putusan ini kalau sudah di luar hadir termohon akan diberitahukan secara resmi putusan itu kemudian nanti setelah termohon tanda tangan, maka terhitung 14 hari setelah tanda tangan mengetahui itu hak banding dia kalau dia terima silahkan, kalau tidak dia ada upaya banding selama 14 hari setelah dia tanda tangan. Kalau dia tidak melakukan upaya banding maka setelah dia mengetahui adany putusan ini maka berarti kalau dia selama 14 hari tidak menggunakan haknya untuk melawan hukum menggunakan banding maka perkara yang dilanjutkan nanti dipanggil mereka untuk mengadakan ikrar talak, 14 hari setelah pemberitahuan itu putusan," tambahnya.


Mengenai pertimbangan pihak Anita tak diberitahu, Jarkasih punya alasan. Bahkan hal itu tak berpengaruh terhadap vonis untuk Anita yang tak hadir.

"Perkara ini kan dikabulkan oleh majelis hakim, berarti untuk permohonan talaknya dikabulkan dan kemudian ada beban nafkah idah dan mutah untuk pemohon," kata Jarkasih.

"Tidak masalah (termohon tak hadir), sebab kalau kita lihat agenda sidang sebelumnya, persidangan tanggal 23 bulan Juli 2018, itu kan pemohon dan termohon hadir karena itu pada persidangan tersebut diperintahkan oleh majelis hakim untuk keduanya hadir di persidangan dalam acara musyawarah majelis. Musyawarah majelis itu nanti kalau udah selesai pembacaan putusan, tapi dengan agenda di hari ini tanggal 13 agustus, tapi karena pada hari ini, jam, dan waktu dibacakan dia tidak hadir maka diputus di luar hadir termohon," paparnya lagi.

Jika ada yang menyebut salah satu pihak dirugikan, Jarkasih menampikkan itu.

"Ya tidak cuma mekanisme sidang saja kalau dia hadir tadi di persidangan, maka 14 harus pada saat dibacakan putusan hak dia untuk banding tapi karena dia tidak hadir tadi maka terhitungnya sejak dia mengetahui putusan itu disampaikan, nggak ada masalah itu kan hanya teknis prosedur bagaimana pemberitahuan putusan itu," pungkas Jarkasih.


Permohonan Talak Cerai Abdee 'Slank' Dikabulkan, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(fbr/mau)