Akhir Perjuangan Ari Malibu Melawan Kanker

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 15 Jun 2018 05:29 WIB
Foto: Saras/detikHOT
Jakarta -

Musisi Ari Malibu meninggal dunia pada kamis (14/6/2018) di Rumah Sakit Kramat. Ia tutup usia berjuang melawan kanker kerongkongan.

Ari Malibu didiagnosis mengidap kanker sejak November 2017. Selama ini, mendiang telah menjalani pengobatan namun kondisinya menurun.

Di bulan April 2018, Ari dilarikan ke rumah sakt karena mengalami dehidrasi. Hal itu disebabkan oleh kanker kerongkongan yang mengakibatkannya kesulitan dalam mencerna makanan dan minuman.

Keterangan tersebut sempat disampaikan oleh Reda saat bertemu detikHOT di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, beberapa waktu lalu.

"Pada bulan November, dia diperiksa, ketika itu ketahuan sudah ada jaringan tumor di kerongkongannya, " ucap Reda kala itu.

"Meski pun bulan Maret itu dia masih bisa makan, tapi sebulan kemudian, bulan April, tengah April, sekitar tanggal 20an itu dia mengalami dehidrasi karena susah banget minum dan makan jadi dia dibawa ke rumah sakit, sejak itu kondisi agak menurun," sambung Reda.

Sebelumnya, tersebut disampaikan oleh Reda Gaudiamo lewat akun Instagram miliknya.

"Ari Malibu telah menyelesaikan perjalanannya. Di malam penuh takbir, dikelilingi keluarga dan sahabat, ia menutup mata," tulis Reda dalam sebuah keterangan foto.

"Pulang ke rumah penciptanya. Lepas sudah semua sakit yang menyiksa selama ini," tambah Reda.

Pada 31 Mei 2018 lalu, sejumlah musisi dan kerabat Ari sempat menggelar konser bertajuk 'Lagu Kasih untuk Ari'. Konser tersebut dihadiri oleh Reda Gaudiamo, Mian Tiara, hingga Oppie Andaresta.

Semasa hidupnya ia dikenal sebagai salah satu personel dari duo AriReda yang melagukan puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono, di antaranya 'Aku Ingin' dan 'Hujan Bulan Juni'.

AriReda juga sempat merilis album berisikan musikalisasi puisi karya Gunawan Muhammad.



(ken/ken)