DetikHot

celeb

Fachri Albar Dituntut 9 Bulan Penjara

Selasa, 05 Jun 2018 15:15 WIB  ·   Veynindia Esaloni Pardede - detikHOT
Fachri Albar Dituntut 9 Bulan Penjara Foto: Fachri Albar dan Renata / Febriyantino Nur Pratam
Jakarta - Fachri Albar kembali menjalani sidang lanjutan pasca tertangkap karena penyalahgunaan narkotika.

Setelah sebelumnya menjalani sidang pemeriksaan saksi dan terdakwa, sidang lanjutan kali ini beragendakan tuntutan yang dilayangkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).



"Hal-hal yang memberatkan, nihil. Menyerahkan terdakwa Fachri Albar alias Ai secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan satu bagi diri sendiri dan menerima penyerahan psikotropika selaku pengguna," ujar Nasruddin, Jaksa Penuntut Umum saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

Tak lama JPU pun, kembali membacakan tuntutan yang dilayangkan kepada Fachri, dengan pidana penjara selama sembilan bulan diikuti sebagaimana pasal 127 ayat 1 huruf A UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dan kedua melanggar pasal 60 ayat 5 UU Nomor 35 tahun 1997 tentang psikotropika.
"Yang kedua, menjatuhkan pidana kepada Fachri Albar alias Ai dengan pidana penjara selama 9 bulan, dikurangi terdakwa dalam tahanan dengan ketentuan terdakwa tidak menjalani sisa yang dijatuhkan. Namun terdakwa menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur," tambah Nasruddin.

Kembali JPU membacakan poin ketiga yang mendukung tuntutan selama sembilan bulan dikurangi masa tahanan tersebut.

"Menyatakan barang bukti berupa satu buah botol plastik permen berisi bekas sisa pakai dan satu plastik klip berisi narkotika jenis sabu masing-masing untuk dirampas dan dimusnahkan. Dan yang terakhir menetapkan supaya terdakwa membayar biaya perkara lima ribu rupiah. Demikian tuntutan pidana kami baca pada hari ini Selasa 5 Juni 2018," tutupnya.
Fachri tampak menerima hal tersebut meskipun pada akhirnya pihaknya memutuskan untuk mengajukan pledoi di persidangan selanjutnya yang akan diadakan pada hari Kamis (7/6) mendatang.

Suami Renata Kusmanto ini ditangkap pada 14 Februari di rumah kediamannya di kawasan Cirendeu, Jakarta Selatan. Beberapa barang bukti yang ditemukan seperti sejumlah barbuk satu paket sabu, dua papan dumolid, alat bong cangklong, korek, dan puntung ganja.



Fachri Albar Dituntut Rehabilitasi Selama 9 Bulan, Lihat video selengkapnya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(vep/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed