DetikHot

celeb

Kartini Masa Kini Menurut Chacha Frederica

Senin, 23 Apr 2018 21:39 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Kartini Masa Kini Menurut Chacha Frederica Chacha Frederica Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Chacha Frederica menjadi salah satu perempuan masa kini. Bicara soal emansipasi wanita, Chacha punya penilaian sendiri.

"Kartini masa kini adalah Kartini yang bisa menyeimbangkan antara emansipasi wanita dan kodrat wanita sesungguhnya itu seperti apa, karena kalau kita bilang emansipasi wanita tapi kita mengesampingkan tanggung jawab kita sebagai wanita itu buat aku bukan wanita seutuhnya," ungkap Chacha Frederica ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Menurut anggota Girls Squad itu mengatakan perempuan yang mencerminkan Kartini masa kini lebih rumit. Berbeda dengan perempuan zaman dahulu.

"Menurut aku Kartini tuh sekarang artinya lebih complicated dibanding zaman dulu, kalau dulu kan emansipasi wanita karena kita memang negara terjajah dapat ilmu juga susah mau belajar ini belajar itu nggak boleh," ucap Chacha membandingkan.


"Kalau sekarang kan kita lebih bebas tapi tetap menyeimbangkan kodrat kita sebagai wanita dan juga wanita yang bisa berkarya itu menurut aku jauh lebih susah," sambungnya.

Melihat Kartini masa kini tentu akan membuat level seorang perempuan semakin ke atas. Itu bisa ditunjukan dengan terus berkarya.

"Terus kalau kita udah sampai top of level kita mau ngapain lagi sebagai perempuan, menurut aku sih kita harus going down sedikit karena kita harus sadar, 'Oh, kita perempuan loh, tetep harus punya tanggung jawab terhadap suami, tetap yang namanya masakin suami pasti dia seneng atau hal-hal kecil kaya nyiapin makanan sama nyiapin baju gitu tetap pokonya mengingat kodrat kita sebagai perempuan tempat dimana laki-laki pulang'," tandas Chacha Frederica.
(hnh/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed