DetikHot
Follow detikhot

Live Report: Beat Diabetes Bareng Astrid Tiar

Minggu, 22 Apr 2018 06:08 WIB WIB Aisyah Kamaliah - detikHot
Live Report: Beat Diabetes Bareng Astrid Tiar

Astrid Tiar akan ada di area Car Free Day Jakarta, tepatnya di Area Parkir Park and Ride Thamrin 10. Ia akan berbagi tips seputar gaya hidup sehat yang dijalaninya untuk mencegah diabetes atau penyakit kencing manis. Akan ada olahraga bareng juga lho!

  • 10:53

    Rizka Indriani (22) bahkan meluangkan waktunya lho untuk hadir dari Depok ke sini. Sama seperti Astrid Tiar, Rizka juga merasa perlu untuk tetap waspada walau tidak punya riwayat diabetes dalam keluarganya.

    "Tahu acara ini dari kakak, aku datang karena di sini kita bisa jadi menambah pengetahuan tentang diabetes. Jadi kita kan bisa mencegah," ucap Rizka.

    Live Report: Beat Diabetes Bareng Astrid TiarFoto: Wednes Veronica Giawa
  • 09:56

    Soal diabetes, Astrid Tiar masih punya cerita. Ia mengatakan, salah satu motivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat saat ini adalah teringat kisah papanya yang sulit sembuh saat jatuh dan terluka.

    "Papa dulu jatuh kena paku-paku itu sembuhnya enggak sembuh-sembuh. Papaku sebulan berair terus," kenangnya.

    Hal ini yang membuatnya membatasi asupan gulanya mengingat dia juga punya faktor risiko.

  • 09:26

    Wah ternyata ada arena bermain untuk anak-anak juga. Bagi orang tua yang membawa anak-anak, tidak perlu khawatir deh. Anak-anak nggak bakal bosan menunggu orang tuanya kalau ada perosotan seperti ini.

    Live Report: Beat Diabetes Bareng Astrid TiarFoto: Wednes Veronica Giawa
  • 08:52

    Wah enggak kerasa ya hari beranjak semakin siang, acara 'Beat Diabates' bersama Astrid Tiar pun berakhir. Tapi sebelum bubar, coba pastiin nomor kamu dipanggil enggak saat dooprize?

    Live Report: Beat Diabetes Bareng Astrid TiarFoto: Wednes Veronica Giawa
  • 08:46

    Kebiasaan sehat Astrid Tiar juga menular ke pada anak-anaknya.

    "Annabel kan udah lima tahun ya, aku selalu kasih pendidikan sejak dini ke dia. Aku selalu bilang 'lihat opung tuh jatuh sakitnya lama, itu karena makan gulanya terlalu banyak,' gitu," kata Astrid.

    "Annabel dan Isabel enggak suka makan cokelat karena aku enggak suka makan cokelat," pungkasnya.

  • 08:42

    Diabetes makin lama makin sering dialami anak muda lho. Karena itu, dr Dante dalam talk show ini menitipkan pesan untuk cek dan kontrol kadar gula serta kolesterol.

    Ingat lho, ada yang namanya prediabetes. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak muda ya.

  • 08:37

    Astrid Tiar Juga Pernah Gemuk, Begini Caranya Kembali Ramping Ideal

    Pernah punya berat badan lebih dari 100 kg karena habis lahiran, Astrid Tiar mengaku enggak pernah pakai cara pintas untuk kembali ke berat badan ideal.

    "Aku kan lumayan sibuk ya, dulu beratku dulu 104 kg! Memang karena melahirkan sih, dan turunnya tidak instan ya, dengan olahraga dan makan yang seimbang. Aku olahraga satu jam, kalau hujan ya di di dalam karena papaku kan diabetes, jadi ada alat olahraga di rumah. Sebenarnya cukup 20-30 menit jalan itu sudah sehat banget, yang penting konstan," tuturnya.

    Live Report: Beat Diabetes Bareng Astrid TiarFoto: Wednes Veronica Giawa
  • 08:34

    "Banyak sekali orang diabetes nih, itu memang karena di negera kita menempati nomor 6 sedunia, totalnya kira-kira ada 10,3 juta. Kalau di Jakarta, ada 1 dari 8 orang Indonesia terkena diabetes," kata dr Dante Saksono H. SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Departemen Endokrinologi dan Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RS Cipto Mangunkusumo.

    "Kita secara genetik rentan, yang kedua karena pola hidup, nah kebanyakan karena faktor obesitas, bisa karena kurang aktivitas atau konsumsi gula berlebihan," tambah dr Dante yang juga menjadi pembicara talk show bersama Astrid Tiar.

  • 08:29

    Menurut dr Dr Dante Saksono H SpPD-KEMD, PhD, dari RS Cipto Mangunkusumo, konsumsi gula idealnya tidak lebih dari dua sendok per hari. Nah, Astrid Tiar punya trik khusus nih untuk terhindar dari asupan gula berlebih.

    "Aku siaran pagi, live setengah 7 pagi, jadi karena itu aku minum kopi. Enggak minum kopi rasanya gila, supaya enggak kegilaan gula aku selalu membawa sachetan Tropicana Slim setiap kerja, dan aku selalu makan makanan bergizi. Kadang kalau dapat makanan kotakan kan, aku pilih, biar enggak combo karbohidrat," kata Astrid.

  • 08:23

    Ternyata Astrid Tiar Nggak Suka Daging Merah Lho

    Ternyata Astrid Tiar enggak suka makan daging merah! Saat sesi talkshow, Astrid blak-blakan dia lebih suka memakan ikan.

    "Diabetes itu diam-diam membahayakan, sedini mungkin aku menjaganya. Karena aku sudah berkeluarga, aku sudah menerapkan sejak dini. Percaya enggak kesehatan di keluarga itu ditentukan dari ibunya? Aku tuh enggak suka daging, karena ibuku dari kecil makannya ikan, dari situ aku tahu karena kebiasaan itu memang diturunkan dari ibu-ibu," ujar Astrid.

  • 08:17

    Kisah Menyentuh Astrid Tiar Soal Diabetes

    Talk show sudah dimulai nih! Dalam talk show ini, Astrid juga berbagi nih kisahnya memulai hidup sehat demi menjauh dari diabetes. Ternyata, ada kisah menyentuh hati di baliknya.

    "Kebetulan papaku diabetes melitus sudah lama sekali, dan aku tahu penderitaan beliau seperti apa, pokoknya dalam hidupku segalanya berubah. Kesehatan itu sangat penting, engga butuh tunggu 40 tahun dulu. Olahraga harus tiap hari," kata Astrid Tiar.

    Live Report: Beat Diabetes Bareng Astrid TiarFoto: Wednes Veronica Giawa
  • 07:37

    Lincah Banget, Astrid Tiar Mulai Ikut Senam Bareng

    Punya gaya hidup yang super sehat membuat Ibu dari Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang ini tampil makin memukau. Hmm pantes sih selalu awet muda.

    Buktinya nih, saat acara senang saja Astrid Tiar enggak ragu untuk bergerak aktif bersama audiens. Lincah banget deh!

    Live Report: Beat DiabetesFoto: Wednes Veronica Giawa
  • 07:31

    Senam sudah mau di mulai nih, peserta nampak antusias nih mengikuti arahan dari instruktur. Wuiih ramai juga nih yang datang.

    Sudah siap bergerak bersama untuk kalahkan diabetes?

    Live Report: Beat DiabetesFoto: Aisyah
  • 07:07

    Acara ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Kementerian Kesehatan, drg Dyah Mustikawati, MPH. Dijelaskan bahwa faktor risiko tidak dikendalikan bisa jadi sangat berbahaya lho karena dapat berkembang menjadi penyakit berbahaya lainnya.

    "Diabetes ini ternyata silent killer, tidak memberi gejala tetapi menjadi penyebab kematian 60 persen di Indonesia. Tanpa kita sadari, diam-diam kita bisa terkena diabetes. 90 persennya adalah diabetes tipe 2, tapi 80 persen sebenarnya bisa dicegah dengan aktivitas fisik dan diet sehat," jelas Dyah.

  • 06:49

    Ada juga cek kesehatan lainnya seperti pemeriksaan asam urat dan kolesterol. Kalau mau cek, kamu bisa pergi ke sana dan mendapatkan konsultasi dokter gratis hanya dengan pembelian produk Tropicana Slim senilai Rp 100 ribu.

    "Saya tahu acara ini dari group senam, ya sekalian saja saya cek kesehatan di sini," ujar Wenni.

    Live Report: Beat DiabetesFoto: Aisyah
  • 06:39

    Selain ada talk show dan senam bersama, ada juga stand khusus pemeriksaan kesehatan seperti cek gula darah.

    Di sini, kamu juga bakal dibagikan tips bagaimana caranya menjaga kadar gula agar tetap dalam batas normal. "114 ya Bu, kalau enggak normal bisa konsultasi di sana ya Bu," kata Afifah, salah satu mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang bertugas di stand tersebut.

    Live Report: Beat DiabetesFoto: Aisyah
  • 06:31

    Foto-foto Bareng Fans Dulu

    Si cantik Astrid Tiar sudah siap nih untuk ikut meramaikan acara talkshow 'Beat Diabetes' dan senam bersama hari ini. Duh, fans langsung berkerumun begini ya melihat Astrid Tiar.

    Live Report: Beat DiabetesFoto: Aisyah

    Dara kelahiran 12 Juli 1986 ini hadir dengan gaya sporty dengan senyum merekah. Lumayan kan, selain dapat ilmu baru seputar diabetes kamu juga bisa saja kan curi kesempatan berfoto bareng Astrid.

  • 06:21

    Saat ini peserta Beat Diabetes mulai berdatangan di Area Parkir Park and Ride Thamrin 10, Jakarta. Diperkirakan akan ada 3.500 peserta dalam acara yang diadakan dalam rangka Hari Diabetes Nasional 2018 ini. Selain Astrid Tiar, akan ada juga pakar-pakar kesehatan yang akan berbagi ilmu dalam talk show maupun olahraga bareng di pagi ini.

    Live Report: Beat DiabetesFoto: Aisyah

  • 06:02

    Tahun 2017, IDF Diabetes Atlas menempatkan Indonesia di urutan ke-6 negara dengan jumlah pengidap diabetes terbanyak di dunia yakni 10,3 juta orang. Astrid Tiar adalah seorang seleb yang aktif mengkampanyekan hidup sehat untuk mencegah salah satu penyakit paling mematikan tersebut. Pagi ini, Astrid akan berbagi tips dan pengalamannya dalam mengontrol asupan kalori. Ikutin terus ya!