Lika-liku Transgender

Kembali Jadi Lelaki, Aby Respati Ingin Menikah

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 09 Apr 2018 15:50 WIB
Foto: Aby Respati (Desi/detikHOT)
Jakarta - Aby Respati terlahir ke dunia sebagai seorang pria. Akan tetapi dia merasakan dirinya sebagai perempuan yang terkurung dalam tubuh seorang pria.

Meski begitu, Aby Respati tetap melakukan kewajibannya sebagai seorang muslim. Salah satunya adalah menjalankan ibadah salat Jumat.

"Aku meski begitu, tidak pernah lupa salat Jumat. Ya pakai peci baju koko, kalau rambut bisa dikuncir kan? Cuma bulu mata kan ekstension nggak bisa di copot," cerita Aby saat ngobrol bareng detikHOT di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.



Namun bukan kenyamanan, dia justru merasa risih. Dirinya terus merasa gelisah saat duduk bersama jamaah lainnya di masjid.

"Tatapan orang saat lihat aku tuh gitu deh," lanjutnya.

Detik-detik saat dirinya mulai ragu, Aby Respati juga mencari keyakinan lewat membaca ayat-ayat Al-Quran. Saat itu juga hatinya kembali gelisah.

Aby Respati kini sudah memastikan dirinya kembali menjadi cowok tulen. Meski tidak cepat berubah 100 persen, Aby merasa bersyukur sudah kembali dan sangat ingin lebih mendekatkan diri pada Tuhan.



Hal ini pun mendapat dukungan dari orangtuanya. Meski sebelumnya, mereka tak pernah sekali saja protes ketika Aby masih berpenampilan sebagai shemale.

"Aku kan tinggal sama papa. Ehm....," sesaat ucapan Aby terhenti. Air matanya pun tidak terbendung.

"Aku nggak pernah melihat papa sebahagia itu. Aduh maaf jadi nangis. Mereka adalah orangtua terbaik dan terhebat, meski aku juga nggak tahu bagaimana mereka di belakang, di luar menghadapi orang-orang yang mungkin membicarakan aku (dulu)," ungkapnya.

Saat memutuskan untuk kembali menjadi cowok tulen, Aby memang tidak langsung pulang ke rumah. Setelah beberapa hari, dia baru pulang ke rumah sang ayah dengan tampilan seorang pria.


Pekerjaan Memadai

Aby Respati memang tak mendapat penolakan dari orangtuanya saat menjadi shemale. Menyalahi kodrat sebagai pria, Aby tetap punya visi dan misi agar tidak dipandang negatif.

Sadar apa yang jadi keputusannya akan menjadi pro dan kontra, Aby Respati memilih untuk tidak tumbuh dan menjadi orang yang menyusahkan. Siapa sangka, selalu dipandang negatif karena tampilannya yang menyerupai perempuan, Aby sudah menjadi tulang punggung keluarga sejak lulus SMA.

"Sejak lulus SMA, umur 18 tahun sekarang mau 25 tahun. Awal kerja jadi fashion stylist," cerita Aby Respati saat ngobrol santai dengan detikHOT di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.



Terkadang, Aby merasa karena dirinya sudah menjadi tulang punggung membuat keluarganya diam melihat dirinya mengubah identitas. Padahal hal itu membuat dirinya tidak nyaman dan merasa canggung.

"Iya kayak orangtua. Karena aku tuh jadi tulang punggung, dari dulu yang biayain aku. Dari segi keuangan dan sekolah adik aku ya aku. Dulu aku mikirnya lo kalau udah jadi banci jangan bego. Lo jadi banci, udah jadi sampah masyarakat, bego, lo mau apa?Jadi dari dulu aku gitu. Aku harus jadi seseorang, seseorang. Itu juga mungkin yang buat mama aku kayak gitu, diam. Nggak ada komentar, nggak ada apa karena ya udah anak gue menghasilkan," ceritanya.

Aby Respati menjadi Marketing Communications Executive di WebTvAsia Indonesia. Kini, pria lulusan University of Persada Indonesia YAI itu bekerja sebagai Digital Marketing di sebuah agensi advertising.

"Ini orang banyak nanya aku, makanya setiap tanya kakak kerjanya apa, aku nggak pernah mau jawab. Yaitu tadi, gue harus bisa menghasilkan. Karena gue tahu gimana caranya menempatkan diri," kata Aby Respati.

Merasa sudah mapan, Aby Respati yang kini sudah kembali menjadi cowok tulen, juga mempunyai keinginan untuk menikah. Dia pun ingin memenuhi janji yang pernah dibuat bersama mantan pacarnya di masa SMA.

Kembali Jadi Lelaki, Aby Respati Ingin MenikahFoto: Aby Respati (Desi/detikHOT)


Saat itu, Aby pernah berjanji akan mencari dan menikahi gadis yang pernah dipacarinya itu jika suatu hari kembali memilih menjadi pria.

"Aku lebih kayak meyakinkan siap, karena dia tahu semua-muanya dia tahu perubahan aku. Yakin aku sudah berubah aku nggak mau cari yang lain, nggak mau cari yang apa-apa. Seperti yang aku bilang saat itu, kalau aku sudah saatnya ini pasti aku akan cari kamu dan aku bakal nikahin kamu," ungkapnya.

"Alhamdulillah aku sudah ada pekerjaan sudah ada penghasilan, cukup, kalau bisa secepatnya ya secepatnya. Dia cuma ngomong, 'aku tahu Aby ini nggak gampang buat kamu. Berubah 100 persen suka sama cewek itu pasti nggak gampang dan mungkin juga nggak akan hilang. Sekarang kamu lebih baik terbuka. kalau memang kamu ada sedikit rasa suka sama cowok atau apa, kamu mending ngomong. Jangan kamu pendam rasa takut atau apa. Ngomong sama aku supaya aku juga tahu'," ujar Aby menirukan kata-kata pacarnya. (pus/wes)