Lika-liku Seleb Transgender

Aby Respati, Shemale yang Kembali Jadi Cowok Tulen

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 09 Apr 2018 11:10 WIB
Foto: Aby Respati (Desi/detikHOT)
Jakarta - Nama Aby Respati sering muncul dalam vlog-vlog bersama Millendaru. Aby Respati kala itu berpenampilan sama dengan Millen dan menyebut dirinya sebagai shemale.

Namun, keyakinannya sebagai perempuan yang terkurung dalam tubuh cowok pada awal 2018 justru berubah menjadi sebuah keraguan. Setiap malam ada yang dirasa aneh oleh pria kelahiran 7 Juli 1993 itu.

Kepada detikHOT di kawasan Kemang, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, Aby menceritakan kisahnya. Saat dirinya mulai merasa gelisah dan gundah, tak ada sedikit pun hasrat untuk dandan, tampil cantik, dan nongkrong bareng teman-teman lainnya.



"Pertengahan Januari (2018) ada yang aneh dalam diri gue, setiap malam ngerasa resah, timbul apa gue harus berubah? Kok gini, kok gitu? Gue masih bingung, gue bukan orang yang agama banget, gue lebih pengen dekatkan diri sama Allah," cerita Aby.

Mulai dari situ dia sering browsing ayat-ayat Al-Quran melalui internet. Sampai akhirnya dia mendapatkan sebuah mimpi yang sangat membuat perasaannya tidak enak.

"Gue akhirnya browsing ayat-ayat Al-Quran. Sampai di titik itu, gue sempat mimpi nyokap kan masih hidup. Tapi, di situ gue mimpi nyokap gue nangis terus, padahal nggak ada apa-apa. Gue ngerasa duh kenapa ya? Duh ada apa ya?" ungkapnya.

Aby Respati, Shemale yang Kembali Jadi Cowok TulenFoto: Aby Respati (Desi/detikHOT)


Usai bermimpi itu, saat mandi muncul dalam dirinya keinginan untuk mengubah penampilan. Dia pun melihat rambutnya yang panjang dan ingin dia potong. Namun keinginan itu sempat hilang dan dia memutuskan untuk bertemu dengan mantan pacarnya semasa SMA.

Dengan tampilan Aby Respati yang merupakan seorang perempuan, dia menemui mantan kekasihnya yang merupakan seorang perempuan. Di situ Aby juga mulai mengutarakan keinginannya untuk berubah.

"Orang ini cuma bilang kalau mau berubah jangan mau berubah karena siapapun, jangan karena aku, jangan karena orangtua. Kamu berubah karena diri sendiri. Malam itu juga gua bilang ini jalan Allah," ceritanya.

"Ya Allah kalau memang ini jalan dari Engkau, maka aku ikhlas untuk semuanya. Gue ngerasa jadi kayak orang baru lagi. Tuhan benar-benar ada ketika Allah ngasih jalan untuk umatnya, cepat tanpa pertimbangan apapun," tegasnya.

Mulai saat itu dia memangkas rambutnya yang panjang menjadi cepak dan menanggalkan semua pakaian-pakaian perempuan, sepatu high heels, sampai bra. Aby respati memulai kehidupan baru kembali sebagai cowok tulen seutuhnya. (pus/wes)