detikHot

celeb

Idap Endometriosis, Ryn eks Cherrybelle Masih Tak Sangka Bisa Hamil

Kamis, 05 Apr 2018 12:58 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Foto: Ryn eks Cherrybelle (dok Instagram Jesscya Auryn) Foto: Ryn eks Cherrybelle (dok Instagram Jesscya Auryn)
Jakarta - Jessyca Auryn bercerita mengenai kehamilan pertamanya. Mantan personel girlband Cherrybelle itu sendiri sama sekali masih tak menyangka bisa mendapatkan karunia tersebut.

Padahal diakui Ryn, dia mengidap endometriosis. Itu merupakan penyakit yang disebut dapat menyebabkan wanita sulit hamil dan selalu merasa nyeri saat menstruasi.

Ryn bahkan disarankan dokter untuk melakukan beberapa treatment terapi oleh dokter sebelum menikah dengan Ivan Christian. Tapi karena banyak kesibukan, pelantun 'Diam-diam Suka' itu tak melakukan hal tersebut.

"Mau cerita soal kehamilanku yang tidak diduga dan tidak direncanakan yang sangat aku syukuri. Jadi sebelum hari pernikahan aku dan @ifunnnn 29 April 2017 tahun lalu. Aku melakukan pemeriksaan kesehatan/pre-marital checkup ke rumah sakit mulai dari tes darah, semua organ di cek dan aku cerita ke dokternya kalau aku punya masalah nyeri perut parah setiap aku menstruasi. Pas di usg perutku dokternya bilang aku ada endometriosis yang katanya menyebabkan sekitar 30%-40% wanita dengan endometriosis sulit untuk hamil dan itu yang menyebabkan perut bagian bawahku selalu nyeri saat menstruasi," tulis Ryn di Instagram saat dikutip detikHOT, Kamis (5/4/2018).

"Well, waktu itu dokter sarankan utk treatment terapi dengan sinar kalau gak salah atau opsi terbaiknya adalah dengan operasi/laparoscopy. Tapi karena waktu itu sudah dekat2 dengan hari pernikahan dan banyak sekali yang harus aku urus jadi aku melewatkan treatment untuk itu. Dan aku gak berpikir kalau setelah nikah ingin langsung punya baby atau mau program dll jadi aku belum melakukan treatment apapun utk endometriosis itu dan lebih berserah dan berdoa saja sama Tuhan," lanjutnya menerangkan.


Namun Ryn mendapatkan sebuah kenyataan manis dalam hidupnya. Lima bulan usai menikah, dia bersyukur bisa hamil meskipun beberapa kali sempat berpikir keanehan.

"Jadi setiap kali ditanya sama orang2 sekitar/media dengan pertanyaan 'Setelah nikah gak berencana mau langsung punya baby? Program gak biar cepet hamil?' dan lain2, jawaban aku cuma 'SedikasihNya yang Di Atas aja'. 5 bulan setelah menikah aku dan suamik dikasih surprise sama Tuhan aku dinyatakan positif hamil. Haha rasanya aneh dan waktu itu masih ragu dan gak percaya sih," tutur Ryn.

Kini, Ryn tinggal merawat jabang bayi yang ada di perutnya. Di akhir tulisannya, ia memberikan motivasi untuk perempuan-perempuan lain.

"Sekarang perutku udah mau sebesar semangka dan baby yang bertumbuh didalam perutku sehat. Terima kasih Tuhan telah mempercayakan aku untuk bisa jadi seorang ibu. Untuk wanita2 diluar sana semoga diberikan kesehatan,ketegaran& iman yang kuat supaya bisa merasakan jadi seorang ibu juga ya. May God Bless Us," pungkas Ryn.


(mau/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com