DetikHot

celeb

Tutup Usia, Pangeran Henrik dari Denmark Tak Mau Dikubur di Sebelah Istri

Rabu, 14 Feb 2018 12:36 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Tutup Usia, Pangeran Henrik dari Denmark Tak Mau Dikubur di Sebelah Istri Foto: Ulet Ifansasti/Getty Images
Jakarta - Pangeran (Prince Consort) Henrik dari Denmark mengembuskan napas terkahir di usia 83 tahun. Ia meninggal dunia setelah lama dirawat karena pneumonia.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh pihak keluarga kerajaan Denmark melalui sebuah pernyataan. Saat meninggal dunia, ia dikelilingi oleh sang ratu dan kedua anaknya.

"Yang Mulia Pangeran Henrik meninggal dunia pada Selasa (13/2/2018) pukul 23.18 di Istana Fredensborg. Sang pangeran meninggal dunia di sisi Yang Mulia Ratu dan dua orang anaknya," ujar pihak istana seperti dikutip dari People, Rabu (14/2/2018).

Pangeran Henrik divonis mengidap pneumonia akhir Januari 2018 saat bepergian ke Mesir. Ia kemudian dibawa kembali pulang ke Kopenhagen karena melalui sejumlah tes dtemukan ada tumor di paru-paru kirinya.

Dan pada wawancara beberapa waktu lalu, Pangeran Henrik terang-terangan menyebut tak ingin dikubur di sebelah istrinya jika waktunya tiba. Ia terbuka soal masalahnya dengan sang istri, Ratu Margrethe II, selama berumah tangga.

"Jika dia ingin dikubur bersebelahan denganku, dia harus membuatku sebagai raja (King Consort). Terserah. Aku tidak peduli," ungkap Pangeran Henrik kala itu.

"Istriku memutuskan ia ingin jadi ratu, dan aku senang dengan keputusannya. Tapi sebagai manusia, dia harus tahu kalau seorang pria dan wanita menikah, mereka setara. Istriku tak menghormatiku seperti istri-istri lain kepada suaminya," pungkasnya.

Pangeran Henrik menikah dengan Ratu Margrethe II pada Juni 1967 di Kopenhagen. Mereka dikaruniai dua orang anak, Putra Mahkota Frederik dan Pangeran Joachim.




(dal/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed