Berdamai dengan Diri Sendiri, Agatha Suci Urus Anak-anak Sambil Berkarier

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 12 Feb 2018 11:45 WIB
Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Di balik senyum ceria penyanyi Agatha Suci, tersimpan cerita inspiratif yang memperlihatkan kekuatan seorang ibu. Agatha Suci harus berjuang membesarkan dua anaknya berkebutuhan khusus.

Namun, Agatha tak pernah merasa membesarkan dua anaknya sebagai sebuah perjuangan. Ibu 32 tahun itu tetap berusaha untuk merasa santai meski mempunyai anak-anak yang berbeda.

"Aku sendiri nggak merasa sebagai itu perjuangan. I enjoy motherhood, walaupun it's different. Ya memang nggak ada motherhood yang sama, punya anak normal, never easy. Memang pembawaan aku santai, terserah. Kalau mereka merasa itu mudah, tanpa tahu yang aku jalani. Ya kalau judge mental biasa ya," cerita Agatha Suci kepada detikHOT ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, belum lama ini.



Agatha Suci memiliki dua anak yakni Kahlia Adinda yang kini berusia 7 tahun dan Arsa Nuraga umur lima tahun. Kedua anak Agatha Suci itu berkebutuhan khusus. Kahlia menyandang autism spectrum disorder dan Arsa mengalami speech delay.

Awalnya, penyanyi jebolan Indonesia Idol merasa bingung, khawatir, dan kecewa. Dia pun memilih untuk vakum sementara waktu untuk menjaga anak-anaknya.

"Awalnya iya, beberapa tahun itu aku nggak aktif ngapa-ngapain. Cuma balik lagi for me its about, ya gimana ya kalau nggak nyari duit, apa-apa mahal ya. Balik lagi nggak cuma anaknya, ibunya juga butuh terapi," ungkapnya.



"Seperti yang aku bilang berdamai dengan diri sendiri bisa berkarya lagi why not. Kalau kita sedih atau segala macam emang besok anak bisa langsung (sembuh dan normal), syukur-syukur bisa, semua butuh proses, kita nikmati prosesnya, jangan sampai bikin drop diri sendiri juga yang paling penting peran ibu," jelas Agatha Suci.

Perasaan bersalah pada diri sendiri awalnya tetap Agatha Suci rasakan. Tapi kembali lagi, semua harus bisa lebih baik untuk perkembangan sang anak juga. (pus/nu2)