DetikHot

celeb

Psikolog: Artis Batal Nikah, Psikologisnya Jauh Lebih Berat

Senin, 05 Feb 2018 20:21 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Psikolog: Artis Batal Nikah, Psikologisnya Jauh Lebih Berat Foto: Batal Nikah (Getty Images)
Jakarta - Artis batal menikah ternyata tak sama dengan orang biasa. Meski sama-sama mengalami rasa malu, psikologis seorang artis akan jauh lebih berat.

"Batal nikah, secara psikologis, akan lebih jauh berat. Mengapa? Karena public figure, apalagi kalau banyak fansnya. Terutama artis yang bombastis atau yang jadi perhatian kaum netizen," menurut pandangan psikolog Poppy Amalia saat berbincang dengan detikHOT, Senin (5/2/2018).

Poppy melihat mental akan semakin berat karena kondisi media sosial saat ini sangat pesat. Semua kabar yang belum tentu kebenarannya akan dengan sangat cepat sampai ke telinga netizen melalui media sosial.


"Netizen bisa memberikan komentar langsung yang bisa jadi lebih menyudutkan, tanpa memikirkan banyak aspek lainnya. Untuk mental tergantung dari kedalaman kasusnya, dan ketahanan mentalnya, fisik, dan emosinya. Kalau dia kuat mengelola tekanan yang datang, maka dia bisa mengatasi. Kalau tidak, bisa menjadi stress, lalu dibiarkan bisa menjadi depresi," jelasnya.

Semua itu akan semakin bertambah parah karena rasa malunya berlipat-lipat. Selain malu kepada keluarga, artis akan merasa malu dengan masyarakat, dan penggemarnya.


Namun, untuk mengatasi masalah tersebut artis-artis yang mengalami batal nikah bisa melakukan beberapa terapi. Itu bisa membantu sang artis untuk mengendalikan emosinya.

"Terapi emosi, melepaskan data di jantungnya (letak emosi) untuk memaafkan kejadian. Lalu terapi otak, memprogram pikiran dengan input baru. Keduanya, agar tidak berulang, bisa berulang lagi polanya karena kita akan narik hal yang sama kalau tidak ganti data di otak, dan perasaan," tegas Poppy Amalia.
(pus/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed