DetikHot

celeb

Karier Zumi Zola di Dunia Hiburan hingga Jadi Tersangka KPK

Kamis, 01 Feb 2018 21:51 WIB  ·   Ken Yunita - detikHOT
Karier Zumi Zola di Dunia Hiburan hingga Jadi Tersangka KPK Foto: Zumi Zola saat berperan di salah satu film.
Jakarta -

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Zumi Zola telah terlebih dulu terkenal di dunia hiburan. Pria kelahiran Jakarta, 31 Maret 1980 itu mulai dikenal publik saat membintangi sejumlah sinetron yang booming di zamannya.

Salah satu yang fenomenal adalah 'Tersanjung' dan 'Si Cecep'. Selain sinetron,Zumi Zola juga sempat terlibat dalam beberapa film seperti 'Di Sini Ada Setan', 'Kawin Laris', dan 'Hitam Putih'.

Zumi mengawali karier hiburan dengan mengikuti ajang pemilihan Abang None Jakarta 2001. Sinetron pertamanya, 'Hantu Jatuh Cinta' tak terlalu membuat namanya moncer di jagat hiburan.

Namanya baru mulai terdengar setelah dia membintangi sinetron 'Ku Tlah Jatuh Cinta' bersama Agnes Mo yang juga ditayangkan di tahun 2006.

Zumi Zola memutuskan mengurangi tampil di layar televisi dan pindah ke jalur politik. Dia merintis karir politiknya dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur periode 2011 - 2016.

Darah politik Zumi Zola mengalir dari sang ayah, Zulkifli Nurdin, yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jambi selama dua periode.

Rupanya karir politik Zumi Zola cukup mulus. Bersama Ambo Tang, dia berhasil meraih suara terbanyak sehingga dilantik menjadi pasangan bupati dan wakil bupati.

Sesaat setelah pelantikan itu, namanya kembali menjadi berita di dunia hiburan setelah Zumi Zola membatalkan pernikahannya dengan Ayu Dewi secara sepihak, sebulan sebelum pernikahan digelar.

Dan setahun kemudian, Zumi Zola menikah dengan Sherrin Tharia, yang keduanya kini telah dikaruniai dua orang anak laki-laki bernama Zameer Zahid Abyadh Zola dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola.

Belum selesai menjabat, Zumi Zola kembali berlaga di kancah pemilihan kepala daerah lewat Pilkada Serentak tahun 2015. Dia maju sebagai calon gubernur Jambi bersama Fachrori Umar.

Dan lagi-lagi dia sukses mendulang suara terbanyak rakyat Jambi dengan persentase 60,2 persen. Zumi Zola dilantik menjadi Gubernur Jambi pada 12 Februari 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

Dan kini, Zumi Zola kembali menjadi pemberitaan setelah namanya ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Akahnya ini menjadi akhir karier politik Zumi Zola?




(ken/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed