DetikHot

celeb

FUIB akan Maafkan Joshua Suherman tapi Proses Hukum Tetap Berjalan

Rabu, 10 Jan 2018 07:41 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
FUIB akan Maafkan Joshua Suherman tapi Proses Hukum Tetap Berjalan Foto: (dok.pri)
Jakarta - Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkan Joshua ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama. Ketua FUIB, Rahmat Himran mengatakan masih membuka pintu maaf.

Rahmat Himran menuturkan dirinya juga ingin tabayun dengan Joshua Suherman. Rahmat ingin mengetahui motif dan penyebab mengapa Joshua menggunakan materi itu sebagai lawakan.

"Kalau dia klarifiksi kita pertimbangkan hal itu dia tidak sengaja, ada pertimbangan khusus untuk tidak kita laporkan asalkan dia meminta maaf pada umat Islam, yang sudah menonton stand up itu dan terlanjur mengekspresikan apa yang Joshua lakukan di media sosial," ujar Rahmat di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018) malam.



Namun, FUIB akan tetap menjalankan proses hukum meski Joshua nantinya akan meminta maaf. Menurutnya itu bisa menimbulkan efek jera.

"Akan kita maafkan bila Joshua meminta maaf. Tapi proses yang dilaporkan di polisi akan jalan terus karena, kita ingin menimbulkan efek jera bagi para pengguna media sosial lainnya, atau orang-orang lain yang ingin melakukan pelecehan terhadap agama agar berpikir berkali-kali sebelum melecehkan," tegasnya.



"Kalau abis minta maaf ditarik lagi, akan lebih banyak lagi yang melecehkan Islam," tambah Rahmat.

Rahmat berharap tak ada lagi yang menggunakan agama sebagai bahan lawakan. Dia juga mengingatkan perlunya berhati-hati menggunakan media sosial.

"Kami mengingatkan agar pengguna media sosial lebih hati-hati. Dengan adanya UU ITE ini, kalian bakal tersandung masalah hukum jika tidak cerdas menggunakan media sosial," tegas Rahmat Himran.

Saksikan video 20detik untuk melihat kasus Joshua di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(pus/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed