DetikHot

celeb

Irfan Hakim Cerita tentang Sang Ayah yang Sedang Sakit

Kamis, 19 Okt 2017 12:55 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Irfan Hakim Cerita tentang Sang Ayah yang Sedang Sakit Foto: Irfan Hakim (Hanif/detikHOT)
Jakarta - Presenter Irfan Hakim tengah bersedih. Sang ayah, Rosyid Sukarya sedang sakit di usianya yang ke 80 tahun. Bahkan sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

Mengenai hal tersebut, Irfan Hakim sedikit bercerita tentang sang ayah.



"Alhamdulillah kondisi Appa saya di Bandung sudah membaik, minggu lalu benar-benar, aduh deg-degan sekali, seperti mimpi buruk bagi saya dan keluarga. Karena ayah saya udah tua sekali umurnya, 80 tahun. Selama hidupnya nggak pernah masuk RS. Masuk RS di Januari tahun ini Alhamdulillah cuma sebentar saat itu karena dehidrasi dan fungsi ginjal agak terganggu," tutur Irfan Hakim saat ditemui di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Awalnya, Appa, panggilan Irfan Hakim kepada sang ayah, mengalami pembengkakan di bagian kakinya. Keluarga pun membawanya ke rumah sakit. Setibanya di sana, dokter menyebut bahwa sakitnya itu dampak dari ginjal yang sudah bermasalah.



"Kemarin tanggal 30 September Appa itu kakinya tiba-tiba bengkak, karena udah tua kali ya. Saya coba ngobrol dengan orangtua lainnya. Disaranin obat macam-macam, dan semuanya saya cobain, ternyata nggak semua orang cocok dengan semua obat termasuk Appa saya. Karena fungsi ginjalnya agak terganggu, berimbas ke kondisi kesehatannya, tiba-tiba kakinya bengkak nggak bisa jalan," beber Irfan.

"Niat ke rumah sakit buat periksa kaki aja, tapi ternyata ada hubungannya dengan ginjal. Dan ada beberapa tindakan rumah sakit yang harus dijalani. Akhirnya hemoglobin Appa itu turun sampai empat, nggak sadarin diri itu hari kamis jam 11 siang. Saat itu saya lagi syuting, dapat telpon dari keluarga. Mama udah nangis-nangis, sudah pasrah saat itu karena Appa nggak bangun-bangun. Terus saya langsung ngebut ke Bandung, dibantu kepolisian juga buat sampai ke rumah sakit," pungkas Irfan Hakim.


(hnh/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed