DetikHot

celeb

Sebut Tweet Hinaan Panglima TNI Palsu, Nikita Mirzani Berikan Bukti Ini

Senin, 09 Okt 2017 19:27 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Sebut Tweet Hinaan Panglima TNI Palsu, Nikita Mirzani Berikan Bukti Ini Nikita Mirzani Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Nikita Mirzani membantah telah berkicau dengan nada menghina Jenderal Gatot Nurmantyo di akun Twitter-nya. Kali ini pihaknya membeberkan alasan kuat cuitan tersebut palsu dan dibuat orang tak bertanggung jawab.

Berikut pernyataan pengacara Nikita Mirzani, Muannas Alaidid di Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/10/2017).

Hari ini kami ingin menyampaikan terkait masalah pemberitaan terkait tweet yang kemudian menimbulkan reaksi dari beberapa kelompok masyarakat termasuk ada aliansi di Palembang yang kemudian melaporkan tweet Nikita. Maka dengan ini perlu kami tegaskan bahwa kami pastikan tweet yang beredar bahwa dalam tweet Nikita 'film 'G30S/PKI' kurang seru, seharusnya Panglima Gatot dimasukan ke Lubang Buaya pasti seru' pertama kita sampaikan bahwa tweet ini tidak benar, kita pastikan tweet ini adalah tweet palsu.

Sekarang bagaimana proses pembuktian, untuk tweet palsu itu sebetulnya sudah ada jejak program yang namanya prank tweet, kalau untuk Facebook namanya inspect element. Kemudian di Youtube juga sudah dibuat bagaimana cara membuat tweet palsu, dengan mengetik 'how to make a fake tweet' itu diajarkan bagaimana orang diajarkan membuat posting-an seolah sama dengan akun aslinya. Kita menduga bahwa kelompok inilah yang kemudian memalsukan tweet yang dilakukan ke akun Nikita. Itu yang pertama.

Yang kedua kalau dalam postingan ini disebutkan ada retweet ada like, ratusan jumlahnya. Sebetulnya simple, kalau ini di-retweet kalaupun dihapus dia tersimpan di Google Index, karena sudah di-retweet, apalagi ratusan jumlahnya. Termasuk ada yang nge-like. Itu kalau kemudian Nikita melakukan postingan, karena sudah tersimpan kan, maka akan muncul tweet tidak tersedia atau tweet telah di hapus. Kalau orang yang ngerti jejak digital dan orang yang sering main sosial media dia akan paham. Nah ini yang sama sekali tidak dapat di tunjukan oleh para pelapor bahwa itu tersimpan di Google Index. Nah itu yang itu kebobongan kedua.

Yang ketiga, pada saat postingan itu beredar itu kebetulan ada beberapa artis lain di jejaring sosial yang men-tweet dengan kalimat yang sama, depannya sama tapi belakangnya berbeda.

"Kebohongan ke empat, tweet itu adalah palsu. Kalau ditelusuri jejak rekam Nikita dalam tweet itu biasanya ter-connect dengan Instagram. Jadi Niki itu menggunakan Instagram-nya di-connect-kan dengan Facebook dengan Twitter. Hampir semuanya itu dia akan ditulisnya di Instagram kemudian nyambung ke Twitter. Postingan ini, tweet soal film 'G30S/PKI' ini adalah tweet yang bediri sendiri jadi kita menduga bahwa tweet ini palsu kemudian disisipkan. Nah makanya logikanya sebetulnya tanpa dilakukan digital forensik pun kita sudah pastikan ini adalah tweet palsu.

Saksikan video 20detik soal Nikita Mirzani di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(fbr/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed