DetikHot

celeb

Sampaikan Pembelaan, Pengacara Ingin Ridho Rhoma Bebas

Rabu, 06 Sep 2017 11:57 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Sampaikan Pembelaan, Pengacara Ingin Ridho Rhoma Bebas Foto: Ridho Rhoma (Noel/detikHOT)
Jakarta - Ridho Rhoma menyampaikan pembelaannya setelah dituntut jaksa dua tahun penjara. Pengacara Ridho malah berharap kliennya dapat bebas. Kenapa?

Menurut Ahmad Cholidin, tuntutan jaksa terhadap pasal yang dikaitkan ke Ridho Rhoma tidak bisa dibuktikan. Sebelumnya, jaksa menuntut Ridho atas tindak pidana penyalahgunaan narkoba untuk diri sendiri dan bersama-sama, sebagaimana dalam dakwaan pasal 127 Jo Pasal 132 ayat (1) UU no. 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Yang pertama jaksa tidak bisa buktikan dakwaan primernya yaitu pasal 112 Jo 132, dan jaksa langsung buktikan dakwaan subsidernya yaitu pasal 127 Jo 55 KUHP. Dalam pleidoi, kita sebutkan mengenai pasal 127, kita sepakat memang sejak awal dari fakta persidangan diakui tidak ada satu saksi pun yang lihat mas Ridho gunakan sabu di apartemen itu, hanya saja secara jantan, secara fair Ridho akui telah gunakan sabu dengan saksi Sofyan bersama-sama," ujar Cholidin, ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (5/9/2017) malam.

"Di situlah mas Ridho mengakui telah gunakn sabu. Inilah yang dituju pasal 127 oleh jaksa karena memang alat bukti yang terbukti baik dari saksi maupun alat bukti lainnya hanya itu, yaitu penggunaan sabu untuk diri sendiri," lanjutnya.


Karena pasal yang menjerat tak bisa dibuktikan, Cholidin pun menilai tuntutan tersebut harusnya dibatalkan oleh majelis hakim. Terkait hal itu juga, ia memohon agar Ridho Rhoma diputus bebas atau rehabilitas tapi bukan dipenjara.

"Di samping itu pula dalam pleidoi kami uraikan pasal 55 ayat 1 KUHP, jaksa belum bisa buktikan apakah Ridho itu selaku pelaku atau juga selaku yang suruh lakukan atau juga turut serta. Itu belum diuraikan. Oleh karena itu, kami anggap tidak diuraikannya pasal itu dakwaan atau tuntutan dari jaksa dapat dibatalkan. Karena kami mohon juga Ridho bisa diputus bebas atau paling tidak lepas dari tuntutan," tutur Cholidin.

"Selain itu pula juga ada kami tekankan kembali berkenaan dengan masalah rehab. Kita sadari bersama aturan hukum sudah atur akan hal itu tinggal keputusan dari yang mulia majelis hakim nanti apakah ingin rehab dari sisa atau rehab dari mas Ridho. Berkenaan dengan itu, kami harap majelis hakim dapat mempunyai putusan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang sudah ada," pungkasnya.

Ridho Rhoma diketahui jajaran Polres Metro Jakarta Barat di hotel di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, dengan barang bukti 0,7 gram sabu. Diakuinya, ia menggunakan narkoba tersebut karena untuk diet guna menunjang penampilannya di panggung hiburan Tanah Air.


(mau/wes)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed