DetikHot

celeb

Dian Sastro Gelar Pameran Instalasi Kain Sumba

Selasa, 08 Ags 2017 22:15 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Dian Sastro Gelar Pameran Instalasi Kain Sumba Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Dalam rangka menggalang dana untuk Wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur, artis Dian Sastrowardoyo menggelar pameran foto, video dan instalasi kain tenun tradisional khas daerah tersebut.

Dengan membawa nama Yayasan Dian Sastrowardoyo dan bekerja sama dengan Plaza Indonesia dan juga Samsung, pameran pun diselenggarakan dengan tajuk 'Lukamba Nduma Luri-Benang Yang Memberi Ruh, Kain Yang Memberi Hidup'.

Berawal dari kecintaan Dian terhadap Sumba dan kainnya, pemeran 'Kartini' itu pun tergerak untuk melakukan kegiatan sosial yang dapat membantu masyarakat setempat. Terutama dalam masalah air bersih.


"Awalnya saya sama manajemen saya Mas Wisnu, kami berdua sama-sama jatuh cinta sama Sumba dan saya personally jatuh cinta banget sama Kain tenunnya. Karena emang saya suka banget kan kain-kain tradisional. Tapi tenun Sumba tu bener-bener berbeda dan menurut saya, saya pengen banget kasih apresiasi ke Sumba Timur," beber Dian Sastro saat ditemui di Lamoda Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017).

"Tapi yang sangat ironis adalah mereka yang tinggal di Sumba Timur tidak terlalu memiliki kehidupan yang layak gitu. Seperti misalnya akses terhadap air bersih saja mereka susah sekali," sambungnya.

Tak hanya melakukan pameran, menurut Dian dengan cara menggunakan kain tersebut dalam berbusana sehari-hari, juga dapat melestarikan warisan budaya nusantara.

"Akhirnya saya tergerak untuk bisa memberdayai para pengrajin tenun di Sumba Timur itu dengan menggunakan Kain Sumba sebanyak-banyaknya dan menjadikan kain Sumba sebagai bagian dari saya berbusana sehari-hari gitu. OOTD gitu. Karena semakin banyak anak-anak di Indonesia ini pengen mengapresiasikan kain Sumba," tukasnya.

"Dan juga pada saat ini kita bikin acara (pameran) untuk galang dana untuk bisa mengumpulkan uang untuk bekerja sama dengan Waterhouse Project. Supaya kita bisa membangun sumur dan air bersih kepada satu tempat yang namanya wairinding. Itu salah satu landmark yang sangat indah di Sumba Timur. Tapi justru terhadap air bersihnya itu sama sekali tidak Ada. Jauh sekali, susah sekali. Jadi sebenernya saya bikin acara ini untuk mewujudkan kecintaan saya terhadap saudara-saudara saya, orang Indonesia di paling Selatan di kepulauan Indonesia itu, di pulau Sumba," pungkas wanita 35 tahun itu.

Pameran tersebut juga dibuat dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang berlangsung pada 6-31 Agustus 2017 di Plaza Indonesia.
(hnh/kmb)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed