Reza Rahadian Bicara Harmonisasi Keluarganya Meski Berbeda Agama

Mauludi Rismoyo - detikHot
Minggu, 02 Jul 2017 10:13 WIB
Foto: Reza Rahadian bicara keberagamaan agama di keluarganya (Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Aktor Reza Rahadian berbicara soal harmonisasi keluarganya meski memiliki perbedaan agama di dalamnya. Ia mengaku semuanya berjalan dengan baik dan menghargai satu sama lain.

Bintang film 'Rudi Habibie' itu mengaku, dirinya tinggal di sebuah lingkungan yang majemuk di mana ibundanya beragama non muslim. Meski begitu ia tetap bersyukur, tinggal di dalam kondisi keluarga yang seperti dirasankannya lantaran tetap menjaga toleransi beragama.

Saksikan video 20detik mengenai Reza Rahadian di sini:


"Saya menunjukan betapa harmonisnya saya dengan keluarga kecil saya, ketika ibu saya merayakan natal atau ketika saya merayakan lebaran, mereka semua datang. Mereka ke rumah bermaaf-maafan, juga yang sebenarnya berbeda tradisi dengan agama yang ibu saya anut," ujar Reza Rahadian, saat berbicara di acara Diaspora Indonesia di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017) malam.

Reza pun sama sekali tak keberatan merayakan ataupun mengucapkan selamat hari raya agama lain. Baginya, jika seseorang yang tahu akan toleransi beragama, hal tersebut bukan berarti dirinya menggadaikan keyakinannya.

"Oo kalau mengucapkan selamat natal atau waisak kepada orang yang berbeda keyakinan itu bisa seolah-olah salah. Itu buat saya malu. Saya tidak merasa menggadaikan agama saya, saya nggak merasa keimanan saya kemudian terkoyak-koyak, hanya karena hal semacam itu. Kalau dia beragama pasti dia menghargai satu sama lain," tutur Reza Rahadian.

Reza juga sama sekali tak masalah kalau ucapannya ini bakal mengundang hater. Ia mengaku apa yang dikatakannya, merupakan bentuk dirinya yang merasakan harmonisnya tinggal di keluarga yang berbeda keyakinan.

"Ya nggak apa-apa, I don't have to please everybody, saya nggak akan bisa menyenangkan semua orang kalau ada yang tidak suka," pungkas Reza Rahadian.

(mau/wes)