DetikHot

celeb

Hindari Penculikan Anak, Psikolog: Beri Pengetahauan Dasar pada Anak

Senin, 10 Apr 2017 16:48 WIB  ·   Veynindia Esaloni Pardede - detikHOT
Hindari Penculikan Anak, Psikolog: Beri Pengetahauan Dasar pada Anak Foto: Kampanye anti penculikan anak (Wisnu-detikcom)
Jakarta - Maraknya penculikan anak membuat mereka yang berprofesi sebagai artis cukup was-was. Tidak bisa selalu berada dekat di samping anak-anaknya, apa yang seharusnya dilakukan orangtua artis?

Psikolog Anna Surti Aryani, kepada detikHOT, Senin (10/4/2017) menjelaskan kewaspadaan memang sangat diwajibkan untuk orangtua, tidak hanya mereka yang berprofesi sebagai artis. Para orangtua sangat dianjurkan untuk peka dengan lingkungan.

"Berhubungaan baik dengan tetangga kita supaya mereka mengenal anak kita dan sama-sama menjaga. Dan juga sesekali kita akan perlu bantuan mereka juga. Kalau kita punya hubungan yang baik dengan tetangga kita malah bagus," ucap perempuan yang akrab disapa Nina itu.

Nina menjelaskan, mendekatkan diri pada tetangga sangat menguntungkan. Bila wajah anak-anak sudah dikenal oleh tetangga, mereka bisa sangat sadar bila anak kita berjalan dengan orang yang tak dikenal.

Selain itu, untuk anak-anak juga harus dibekali dengan informasi-informasi dasar untuk menjaga dirinya. Cara ini bisa membuat anak-anak kita tidak mudah percaya dan mau ikut dengan orang yang belum dikenal.

"Anak-anak sendiri juga perlu dijaga dan perlu tahu cara menjaga diri. Misalnya, jadi mereka harus tahu namanya mereka dan nama orang tuanya siapa," tuturnya.

"Misalnya nggak hafal anak kita kasih kartu nama. Kalau dia kelepas, maka bilang ke anak kita harus kasih ke orang dewasa yang aman kayak satpam atau meminta anak mencari ibu-ibu yang juga punya anak," jelas Nina.

Dengan begitu, bila terjadi hal yang tak terduga sehingga si anak terpisah dari ibunya, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan. Penculikan bisa terjadi bukan karena orang tersebut niat menculik, tapi karena kelalaian orang tua juga.
(pus/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed