Widyawati hingga Indro 'Warkop' Raih Penghargaan Artis Legendaris

Veynindia Esaloni Pardede - detikHot
Rabu, 24 Agu 2016 16:20 WIB
Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Meniti karier sejak 1967 sampai sekarang, Widyawati adalah salah satu legenda hidup dunia perfilman yang konsisten menjaga profesinya. Dia pun akan segera diberi penghargaan Artis Legendaris bersama tokoh lainnya seperti Vina Panduwinata hingga Indro 'Warkop'.

Nama Widyawati melambung ketika memerankan tokoh Yuli dalam film Pengantin Remaja yang dirilis 1971. Kala itu, dia beradu akting dengan Sophan Sophiaan yang berperan sebagai Romi.

Berselang setahun kemudian, dia menikah dengan Sophan dan kariernya terus menanjak sampai meraih Piala Citra di FFI 1987 untuk kategori Aktris Terbaik di film Arini, Masih Ada Kereta yang Akan Lewat. Di era 2000-an, Widyawati masih masuk nominasi di FFI untuk perannya dalam film Perempuan Berkalung Sorban dan memenangkan Aktris Pembantu Terpuji Festival Film Bandung 2010.

Sama seperti Widyawati, Indrodjojo Kusumonegoro yang terkenal lewat grup komedi Warkop, juga pantas disematkan penghargaan 'Legendaris'. Dia satu-satunya anggota Warkop yang masih hidup dan terus menghibur masyarakat Indonesia lewat film-film seperti Comic 8 hingga rencana melahirkan lagi Warkop bersama Abimana Aryasatya, Tora Sudiro dan Vino G. Bastian.



"Puluhan tahun mengabdi tanpa jeda, hingga sekarang. Beliau semua aset bangsa yang sangat berharga," kata Ilham Bintang yang memberikan penghargaan kepada 19 tokoh sebagai bagian dari HUT C&R ke -19.

Dalam keterangannya kepada detikHOT, pendiri dan pimred C&R itu melanjutkan, 19 tokoh yang dinilai inspiratif memiliki beragam latar belakang mulai dari jurnalis, gubernur, pengacara, ulama, artis legendaris yang hingga pendatang baru yang mengisi album perjalanan dunia entertainment Indonesia.

"Pada momentum HUT tahun ini juga dipersembahkan peluncuran program wakaf Al Quran. Program ini menawarkan setiap pembelian satu Al Quran akan dapat satu untuk wakaf."

(ich/mmu)