Lucky Hakim Rutin Lepas Ular Peliharaannya ke Alam Tiap Tahun

ADVERTISEMENT

Lucky Hakim Rutin Lepas Ular Peliharaannya ke Alam Tiap Tahun

Komario Bahar - detikHot
Sabtu, 16 Apr 2016 09:50 WIB
Foto: Komario Bahar
Jakarta - Aktor sekaligus politikus Lucky Hakim dikenal gemar memelihara bintang. Dari hewan jinak sampai yang terbilang cukup buas dipeliharanya. Contohnya saja ular-ular yang ia miliki. Tapi ternyata duda satu anak itu punya rutinitas melepas ular-ularnya ke alam setiap tahun.

"Saya memang rutin melepas ular-ular kembali ke habitatnya, hampir setiap tahun, bukan karena takut kegigit," ujar lucky sambil tersenyum.

Banyak yang mengira kebiasaan Lucky ini justru akan berbahaya. Namun ia membantah, dan menyebut tradisi melepas ular justru baik untuk populasi binatang itu sendiri.

"Ular sawah dilepas di sawah untuk membantu petani memberantas hama tikus, ular rama dikembalikan ke rawa, ular pohon dan ular berbisa dikembalikan ke hutan, jadi jauh dari jangkauan manusia, kalau terus dibunuh dan diburu lama-lama ular bisa punah dan akan merusak ekosistem" urainya.

Anggota DPR RI dari PAN itu juga mengaku prihatin dengan kejadian mematikan di atas panggung yang melibatkan hewan melata seperti pedangdut Irma Bule yang tewas dipatok oleh ularnya sendiri.

Karenanya, menurut Lucky, beberapa hewan buas yang memang kerap jadi hobi dipelihara manusia tetap harus diwaspadai.

Lucky mengaku takkan melepas hewan peliharaannya yang tergolong berbahaya di tempat yang sembarangan.

"Kadang orang suka salah paham ketika mengira saya melepas ular berbisa di taman, bisa jadi karena terlihat di TV seperti itu karena ada beberapa titik pelepasan jadi kurang detil dalam menjelaskan," paparnya.

"Intinya tentu sudah dipikirkan matang dan kesadaran tinggi bahwa melepas ular berbisa harus jauh dari jangkauan manusia karena mencegah konflik antara manusia dengan ular" demikian Lucky.

(kmb/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT