detikHot

celeb

Selamat Jalan Mpok Nori!

Jumat, 03 Apr 2015 18:05 WIB - detikHot
Jakarta - Duka kembali menyelimuti panggung hiburan Tanah Air. Salah satu komedian senior, Mpok Nori dipanggil oleh Tuhan untuk selama-lamanya hari ini, Jumat (3/4/2015).

Mpok Nori meninggal karena penyakit Asma akut yang ia derita sejak lama.

Sepanjang hidupnya Mpok Nori dikenal sebagai salah satu pelawak yang penampilannya selalu mengocok perut banyak orang. Ia tak segan jadi bulan-bulanan dan objek derita di atas panggung.

Dalam beberapa kesempatan, dirinya 'rela' jadi pancingan kelucuan ketika dirinya di-setting menjadi sesosok perempuan cantik.

"Perkenalkan, saya Nikita Willy," begitu katanya dalam sebuah tayangan komedi di televisi yang otomatis ucapannya disambut ketawa riuh dari penonton.

Terlepas dari itu, Mpok Nori memang menikmati profesinya sebagai pelawak. Ia mengawali kariernya lewat Sanggar Setia yang didirikan almarhum Haji Bokir. Dari situ ia dikenal sebagai pemain lenong dan kerap diajak melucu di televisi.

Kariernya semakin melambung kala tampil di serial 'Pepesan Kosong' di tahun 1992. Di sana ia main bareng dengan pelawak Betawi lainnya yakni Malih Tong Tong, Haji Bolot, juga almarhum Nazar Amir.

Simak 25 Momen Selebriti Maret Lalu

Meski punya karier yang mapan, wanita kelahiran 10 Agustus 1930 ini tak menyimpan 'ilmu' melawaknya seorang diri. Mpok Nori juga mendirikan kelompok pertunjukan seninya bernama Sinorai yang beranggotakan 50 anak.

Dunia seni seakan tak bisa ia lepaskan meski usianya kian senja. Dalam sebuah wawancara di tahun 2013 ia mengaku tak ingin kemampuannya lantas berhenti karena usia.

"Bakatnya emak emang di sini. Bakatnya emak ya seni," tuturnya.

Baca juga: Jupe: Mpok Nori Pelawak yang Sederhana

Bagi rekan sesama pelawak dan artis, kepergian Mpok Nori meninggalkan banyak hal. Haji Bolot mengungkapkan, almarhumah menjadi salah satu sosok yang memajukan kesenian Betawi.

"Dia bagus sekali, mendidik. Benar-benar membangun kesenian Betawi sama Haji Bokir," ujarnya.

Selamat jalan, Mpok Nori. Terimakasih pernah mewarnai dunia hiburan Tanah Air!


(doc/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com