Dituding Dalangi Nicole Kidman dan Tom Cruise Cerai, Ini Kata Pihak Scientology

- detikHot
Rabu, 28 Jan 2015 10:22 WIB
Jakarta - Sebuah film dokumenter bertajuk 'Going Clear' mengklaim perceraian Nicole Kidman dan Tom Cruise disebabkan oleh pimpinan Scientology. Menjawab tuduhan tersebut, pihak Scientology merilis sebuah pernyataan.

Film dokumenter arahan sutradara Alex Gibney itu disiarkan pertama kali di Sundance Film Festival 2015 pada akhir pekan lalu. Ia berhasil menampilkan seorang saksi, Marty Rathbun, yang mengaku ditugaskan untuk memfasilitasi perpisahan pasangan aktor tersebut karena sang kepala gereja, David Miscavige, curiga Nicole mempengaruhi Tom untuk meninggalkan kepercayaan yang dianutnya.

"Tuduhan yang ditampilkan pada film tersebut semuanya tidak benar dan disampaikan tanpa bertanya terlebih dahulu pada pihak gereja," bunyi pernyataan yang dirilis beberapa waktu lalu, dikutip dari US Magazine, Rabu (28/1/2015).

Pihak gereja mengklaim para saksi yang ditampilkan dalam 'Going Clear' adalah mantan anggota yang diusir 30 tahun yang lalu karena penyimpangan dan kerap mengarang kebohongan tentang Scientology untuk uang. Mereka juga mengklaim pihak sutradara dan staf HBO menolak setelah diberikan kesempatan untuk meluruskan pernyataan yang tertuang dalam buku Lawrence Wright yang menginspirasi film dokumenter tersebut.

Baca juga: Penampakan Kendall Jenner yang Tak Pakai Bra di Paris Fashion Week

"Kami memang menganut kebebasan dalam berbicara. Namun, bebas bicara bukan berarti bebas dalam menyebarkan berita bohong melalui media. Mr Gibney menolak bicara dengan 25 orang wakil gereja, mantan suami-istri dan anak-anak dari sumber yang terbang langsung ke New York untuk bertemu dan memberikan keterangan yang sebenarnya mengenai pernyataan yang dibuat dalam buku Mr Wright," tuturnya.

(dal/mmu)