Mahar 'Laskar Pelangi' Meninggal, Andrea Hirata: Kontribusinya Nggak Kecil untuk Belitong

- detikHot
Senin, 12 Jan 2015 22:51 WIB
Andrea Hirata (Mahardian Prawira Bhisma/detikHOT)
Jakarta - Kabar meninggalnya Verrys Yamarno (18) pemeran tokoh Mahar di film 'Laskar Pelangi' membuat penulis novel Andrea Hirata kehilangan. Ia menyebut Verrys turut berperan mengenalkan Belitong.

"Kontribusinya nggak kecil untuk Belitong dan film Indonesia," kata Andrea Hirata saat melihat jenazah Verrys di RSCM, Jakarta, Senin (12/1).

Film 'Laskar Pelangi' yang menyedot 4 juta penonton ketika dirilis pada 2008 silam itu memang menggunakan Belitong sebagai latar cerita. Karena film itu, keindahan Belitong semakin diketahui banyak orang.

Tokoh Mahar dalam film memang mencuri perhatian. Dia adalah bocah eksentrik yang selalu menyemangati Ikal sang tokoh utama ketika sedang sedih.

Mahar dalam cerita digambarkan memiliki ketertarikan besar pada bidang kesenian. Ke mana-mana sebuah radio kecil selalu ia bawa. Kadang Mahar mencari inspirasi untuk membuat lagu di atas pohon.

Tokoh Mahar dalam film memberikan keceriaan. Ia selalu memandang kesulitan dari sisi lain. Mahar adalah tokoh yang memiliki karakter kuat.

Bagi Andrea sendiri, Verrys juga memiliki pribadi yang energik dan penuh bakat. "Saya merasa kehilangan bukan hanya bagi keluarga (saja), tetapi bagi saya dan keluarga saya juga, bagi Belitong," ucapnya.

Andrea mengatakan jenazah Verrys akan dibawa ke Belitong, Selasa (13/1) pagi. Saat ini ia masih menunggu keterangan dokter mengenai penyebab meninggalnya Verrys.

Berita duka berpulangnya Verrys juga baru didengar produser film 'Laskar Pelangi', Mira Lesmana. Melalui akun Twitter-nya, Mira kaget dengan berita duka tersebut.

"Baru saja mendarat di Jakarta. Sangat sangat sangat berduka mendengar kabar perginya laskar pelangiku Verrys 'Mahar' Yamarno," kicaunya.

(mah/ich)