detikHot

Laporan dari Den Haag

Didi Kempot Koning van Javaanse Pop

Selasa, 19 Mar 2013 12:58 WIB - detikHot
flyer di Belanda
Den Haag - Penyanyi campur sari Didi Kempot ternyata sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Suriname. Pernah konser di hadapan mantan presiden Suriname, Didi di kalangan pemujanya dijuluki sebagai Koning van Javaanse Pop alias Raja Pop Jawa.

"Pemerintah Suriname bahkan pernah menganugerahi Didi Kempot penghargaan bintang jasa Officier in de Ereorde van de Palm untuk bidang kebudayaan pada 2000," ujar Kaboel Karso, seorang tokoh masyarakat Jawa Suriname, saat dihubungi detikhot Senin malam atau Selasa (19/3/2013) pagi WIB.

Sebelumnya media di Indonesia menyebut nama penghargaan itu Gold Man. Namun detikhot setelah mengecek di internet tidak menemukan nama itu dalam daftar penghargaan resmi pemerintah negara Republik Suriname. Officier in de Ereorde van de Palm itu padanannya dalam bahasa Inggris kira-kira Honorary Medals in Gold.

"Nama Gold Man tidak dikenal dalam daftar penghargaan resmi pemerintah Suriname," tegas Kaboel memastikan.

Kaboel, yang tinggal di kota Lelystad, sekitar 112 km arah Timur Laut dari Den Haag, mengenal Didi Kempot secara personal. Bahkan manajer Didi Kempot di Suriname yang pertama kali melambungkan nama penyanyi kelahiran Solo tersebut adalah tetangga sebelah rumahnya.

"Saya kira Didi Kempot sangat tepat sebagai Duta musik Jawa dan layak mendapat penghargaan itu," imbuh Kaboel.

Ketenaran Didi Kempot di Suriname dapat disimak dari pemberitaan Suriname Nieuws, srnieuws.com yang dikutip detikhot berikut ini.

Penyanyi pop Jawa dari Indonesia Didi Kempot tetap mempesona dengan suaranya yang luar biasa, dikombinasi dengan penampilan top. Hal ini kembali mengemuka dalam konsernya di Flamboyant Park, Paramaribo, Sabtu malam. Publik tak pernah merasa ada puasnya," tulis media setempat srnieuws (8/11/2010).

Dalam konser di hadapan para tokoh nasional negara itu, antara lain mantan Presiden Suriname Jules Wijdenbosch, Errol Alibux, Willy Soemita, dan Paul Somohardjo itu Didi Kempot secara khusus menyanyikan lagu Suriname Mi Lobi Yu, untuk menghormati para pemuka dan sesepuh negara itu.

Selanjutnya Didi Kempot menggebrak dengan lagu-lagu hitsnya, yakni Hallo Sayang, Sir Siran, en Tanpa Sliramu, Layang Kangen dan Sewu Kutho.

Saya telah begitu sering menonton dia, namun saya tidak pernah merasa bosan," komentar seorang penonton kepada SrNieuws seusai konser.

Bagi Didi, penampilan di Flamboyant Park, Paramaribo, saat itu merupakan yang ke sebelas kalinya di Republik Suriname, negara yang disebutnya sebagai tanah air kedua. Dia diiringi oleh bintang-bintang dan band setempat, antara lain Eugis Music Factory, Georgy Nojoredjo, di bawah kibaran Bintang Jawa Paramaribo Tour 2010.

Didi Kempot dijadwalkan akan melakukan tour concert di beberapa kota di Negeri Belanda, antara lain Rotterdam dan menghibur masyarakat sendiri di Pasar Malam Indonesia 2013 di Den Haag (20-24 Maret 2013).
(es/es)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com