Bens Leo: Pance F Pondaag Inspirator Musisi Zaman Sekarang

- detikHot
Jumat, 04 Jun 2010 00:35 WIB
Jakarta - Kiprah Pance F Pondaag sebagai penyanyi dan pencipta lagu era 70an tidak perlu diragukan lagi. Pengamat musik Bens Leo menyebut Pance memberi inspirasi pada musisi zaman sekarang.

Tahun 1984 adalah era di mana Pance berjaya. Albumnya terjual hingga 2 juta kopi. Tidak hanya itu, 80 persen karya Pance, kisah Bens, selalu menjadi hits. Belum lagi saat itu Pance berhasil melahirkan penyanyi-penyanyi cantik.

"Dia juga pencipta lagu, sekaligus penyanyi yang menjadi inspirator para musisi sekarang," kata Bens saat ditemui di Rumah Duka Atma Jaya, Pluit, Jakarta Utara, Kamis (3/6/2010).

Selain itu, Bens memandang jarang ada musisi seperti Pance yang menyisihkan uangnya untuk membangun studio rekaman. Apalagi jerih payah Pance itu masih berdiri sampai saat ini.

"Studio rekamannya masih bertahan sampai sekarang. Masih mempertahankan analog. Jadi nggak pakai digital dan studio tersebut akan dipertahankan sampai kapan pun," kata Bens.

Satu lagi alasan Pance pantas menjadi inspirator musisi zaman sekarang. "Ada pencipta lagu romantis yang memakai kosakata hiperbola. Jadi unsur romantismenya lebih tinggi, dia seperti Itu," tegas Bens.

(ebi/ebi)