DetikHot

celeb

'Festival Kartini', Kenang-kenangan Alex Komang untuk Jepara

Sabtu, 14 Feb 2015 16:35 WIB  ·   - detikHOT
Festival Kartini, Kenang-kenangan Alex Komang untuk Jepara
Jepara - Pemerintahan Kabupaten Jepara kehilangan salah satu putra daerah, Alex Komang yang sudah mengharumkan nama Jepara dengan prestasi di dunia seni. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuki saat berada di rumah duka Alex Komang.

"Beliau adalah satu dari warga masyarakat Jepara yang dengan perhatian terhadap kesenian dan kebudayaan menghantarnya jadi tokoh seniman dan budayawan nasional," kata Ahmad, Sabtu (14/2/2015).

Ahmad mengatakan, Alex merupakan sosok yang sangat peduli dengan tanah kelahirannya. Hal itu ditunjukkan dengan perhatiannya terhadap perkembangan seni dan budaya di Jepara, meski dirinya sudah tenar di Jakarta. Di Jepara, lanjut Ahmad, ada satu festival yang salah satu inisiatornya adalah Alex Komang.

"Beliau adalah inisiator terlaksananya 'Festival Kartini' di Kabupaten Jepara yang diselenggarakan sejak tahun 2012 dan ini masuk 'Festival Kartini' ketiga," pungkas Ahmad.

Hal senada diungkapkan ketua Lembaga Seniman dan Budayawan Muslimin (Lesbumi), Al Zastrouw. Ia mengatakan, Alex merupakan sosok santri yang bisa dimasuki budaya modern namun tidak terhanyut dalam kebudayaan tersebut. Bahkan, Alex yang menjabat sebagai wakil ketua Lesbumi mengajarkan pada santri-santri di Jepara tentang budaya modern dan sinematografi.

"Hasil binaan menghasilkan adik-adik generasi NU yang sudah mengenal budaya modern sepeninggalan mas Alex Komang. Membuktikan mas Alex kader ulama dan kader santri yang memasukkan kebudayaan modern tanpa hilang di dalam gemerlap kebudayaan modern," terang Al Zastrouw yang mewakili PBNU.

Sosok aktor bernama asli Saifin Nuha itu memang dikenal kreatif dan religius. Semua yang mengenal mulai dari keluarga, teman dan mitra kerja seperti Slamet Rahardjo mengakuinya.

"Alex mampu menunjukkan anak desa Pecangaan bisa jadi aset nasional, dia membanggakan," tegas Slamet.


(alg/kak)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed