Cetak Rekor! Memoar Pangeran Harry Spare Kalahkan Buku Michelle Obama

ADVERTISEMENT

Cetak Rekor! Memoar Pangeran Harry Spare Kalahkan Buku Michelle Obama

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 12 Jan 2023 14:37 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 10: A man prepares to take a selfie as he holds copies of
Foto: Getty Images/Leon Neal
Jakarta -

Sejak awal kabar penerbitan memoar Spare yang ditulis Pangeran Harry bergedung di media massa, pemberitaan mengenai bukunya terus 'panas'. Selama satu pekan terakhir, berbagai fakta dari renggangnya hingga alasan pasangan Harry dan Meghan Markle memutuskan keluar dari kerajaan Inggris pun terbongkar.

Buku memoar Spare diterbitkan oleh Penguin Random House. Pada Rabu pekan ini (11/1/2023), penerbit mengumumkan penjualan hari pertama untuk memoar itu mampu memecahkan rekor.

Di hari pertama penjualan, buku Spare laku terjual sebanyak 1,4 juta eksemplar. Angka itu menuai sejarah disebut sebagai yang tercepat terjual dalam kategori non-fiksi. Penguin Random House yang juga dikenal menerbitkan biografi dan otobiografi Barack serta Michelle Obama itu juga mengumumkan pencapaian lainnya.

Buku memoar Spare juga dianggap mampu mengalahkan otobiografi Michelle Obama yang berjudul Becoming. Memoar itu butuh waktu seminggu untuk mencapai angka 1,4 juta ketika terbit pada 2018.

Sampai sekarang, buku yang ditulis istri Barack Obama itu telah terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia. Sedangkan penjualan untuk Spare mencakup edisi hardcover, audio-book, dan e-book yang dijual di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris Raya.

Presiden Penerbit Penguin Random House Group, Gina Centrello mengatakan Spare merupakan kisah seseorang yang mungkin kita pikir sudah mengenalnya. "Tapi sekarang kita benar-benar bisa memahami Pangeran Harry melalui kata-katanya sendiri," katanya.

Dia mengaku optimis pada penjualan buku memoar Spare di hari-hari berikutnya. "Spare adalah buku yang menuntut untuk dibaca dan ini adalah buku yang dengan bangga kami terbitkan," sambungnya.

Spare menceritakan kisah tentang Harry yang paling pribadi dan intim tentang kehidupannya dalam keluarga kerajaan sejak kecil. Spare juga mengisahkan hubungannya dengan Meghan Markle, Duchess of Sussex sampai keduanya memutuskan keluar dari anggota senior kerajaan Inggris yang menjadi pemberitaan sensasional dunia.



Simak Video "Pangeran Harry: Aku Ingin Ayah dan Kakakku Kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT