Awali 2023, Novel Hercule Poirot hingga Sherlock Holmes Masuk Domain Publik!

ADVERTISEMENT

Awali 2023, Novel Hercule Poirot hingga Sherlock Holmes Masuk Domain Publik!

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 02 Jan 2023 15:04 WIB
Sir Arthur Conan Doyle, Pencipta Sherlock Holmes
Pencipta Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle. Foto: Wikipedia/ Istimewa
Jakarta -

Mengawali pemberitaan 2023, ada kabar bahagia bagi beberapa hak cipta karakter dalam novel maupun film yang sudah masuk domain publik. Ketika karya itu memasuki domain publik maka bisa dibagikan, ditampilkan, dan digunakan kembali secara legal tanpa izin atau biaya apapun.

Sejumlah karya yang akhirnya gratis bisa masuk ke domain publik di tahun ini adalah novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. Sengketa hak cipta yang telah lama diperebutkan atas kisah detektif yang juga menjerat nama Enola Holmes berakhir tepat pada 1 Januari 2023.

Hak cipta bagi karangan Sir Arthur Conan Doyle itu berasal dari tahun 1927. Selain karya detektif Sherlock Holmes, ada juga The Big Four karya Agatha Christie sampai novel Hercule Poirot ciptaannya.

Ada juga buku kumpulan cerita pendek The Case-Book of Sherlock Holmes, buku-buku seri To The Lighthouse karya Virginia Woolf, Men without Women ciptaan Ernest Hemingway, sampai Mosquiotoes karya William Faulkner.

Karya-karya itu berasal dari tahun 1927 yang seharusnya memiliki hak cipta selama 75 tahun. Tapi Undang-Undang Perpanjangan Masa Hak Cipta tahun 1998 menunda pembukaan domain publik selama 20 tahun lagi.

Direktur Pusat Studi Domain Publik Duke, Jennifer Jenkins, menuturkan sebanyak 99 persen dari karya yang berasal tahun 1927 tidak memiliki hak cipta yang diteruskan oleh ahli warisnya.

"Tapi karya mereka tetap terlarang untuk digunakan lagi," tegasnya, dilansir dari AP, Senin (2/12/2023).

Masa hak cipta aturan dalam Undang-Undang AS itu juga menandai berakhirnya era film bisu dengan rilisnya talkie pertama. Ditandai dengan kemunculan film The Jazz Singer atau film panjang bersejarah pertama dengan dialog tersinkronisasi karena wajah Al Jolson.

Selain itu, dalam industri film juga ada film Wings yang disutradarai William A Wellcoman yang memenangkan Oscar hingga film fiksi ilmiah klasik Metropolis karya Fritz Lang. Di komposisi musikal broadway ada Funny Face sampai Puttin on the Ritz dan Ice Cream karya Howard Johnson, Billy Moll, dan Robert A King.



Simak Video "'Sherlock Holmes' Versi Robert Downey Jr. Akan Digarap di Dua Spin-Off"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT