Asal Muasal Tren Sebutan Crazy Rich, dari Novel Kevin Kwan?

ADVERTISEMENT

Asal Muasal Tren Sebutan Crazy Rich, dari Novel Kevin Kwan?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 01 Jul 2022 16:26 WIB
Penulis Crazy Rich Asians Kevin Kwan
Foto: Istimewa
Jakarta -

Istilah crazy rich hangat dibicarakan netizen Indonesia sejak beberapa tahun belakangan. Ketika selebgram atau YouTuber Tanah Air berbondong-bondong memamerkan harta kekayaan di media sosial masing-masing, sosok crazy rich itu bermunculan.

Dari crazy rich Andara yang menonjolkan keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, crazy rich Malang yang menampilkan kekayaan Juragan 99 dan istrinya Shandy Purnamasari, sampai Doni Salmanan yang disebut crazy rich Bandung. Bahkan beberapa nama dari sosok crazy rich ketahuan uangnya berasal trading.

Sebutan crazy rich kini kembali trending hari ini di Google Indonesia. Padahal jauh sebelum sibuk dipakai di media massa, crazy rich lebih dahulu ada di dalam novel Kevin Kwan. Benarkah?

Ya, Kevin Kwan diketahui sebagai novelis asal Singapura yang kini tinggal di Amerika Serikat. Dia dikenal sebagai penulis novel satire dari trilogi Crazy Rich Asians, Chin Rich Girlfriend, dan Rich People Problem.

Di novel pertamanya, Crazy Rich Asians mengungkapkan kehidupan kalangan jetset Tionghoa yang tinggal di Singapura. Banyak keluarga kaya yang anak-anak mudanya kerap menghabiskan harta dalam sekejap.

Kehidupan generasi muda kaya itu disebut oleh Kevin Kwan sebagai crazy rich Asians.

Gambaran tentang masyarakat kaya dengan istilah crazy rich itu mulai terbentuk dan mulai dikenal publik. Dalam sebuah wawancara, Kevin Kwan menuturkan karakter di dalam novelnya terinspirasi dari kisah nyata.

"Banyak anak muda Tionghoa yang keluarga dan kehidupannya dipenuhi oleh uang dan itu benar-benar terjadi," katanya.

Bahkan di dalam novel, Kevin Kwan juga menuturkan ada dua kategori dari crazy rich yakni orang kaya lama dan orang kaya baru. Para elit Singapura itu juga hidup jetset ketika tinggal di negeri Paman Sam dan negara Asia lainnya.

Berkat kesuksesan novel-novel Kevin Kwan, The Hollywood Reporter juga memasukkan nama Kevin sebagai salah satu dari 'lima penulis yang patut diamati' (Five Writers to Watch) dalam daftar Penulis Paling Kuat di Hollywood di tahun 2014.



Simak Video "Sekuel 'Crazy Rich Asians' Segera Hadir dengan Penulis Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT