5 Rekomendasi Manga Shoujo Terbaik

Tia Agnes - detikHot
Senin, 06 Sep 2021 13:25 WIB
Sailor Moon melawan penyakit menular seksual
Sailor Moon jadi salah satu manga shoujo terbaik Foto: BBC
Jakarta -

Manga shoujo kerap digemari oleh pembaca perempuan. Shoujo merupakan genre manga yang ditujukan bagi para pembaca perempuan muda.

Sepanjang industri manga berjaya di Jepang, shoujo punya pembaca tersendiri dan sebagian besar judul-judul komiknya terpopuler. Berikut 5 manga shoujo terbaik sepanjang masa, seperti dirangkum oleh detikHOT:

1. Cardcaptor Sakura

Manga dan anime karya CLAMP diterbitkan oleh Kodansha yang juga kerap disebut sebagai Sakura Si Penangkap Kartu. Manganya terbit pada Mei 1996 sampai Juni 2000 dan menjadi salah satu shoujo terbaik.

5 Rekomendasi Manga Shoujo Terbaik5 Rekomendasi Manga Shoujo Terbaik Foto: Istimewa

Setelah secara tak sengaja melepaskan kartu magis yang disebut Clow Card, anak perempuan bernama Sakura Kinomoto akhirnya mendapatkan kekuatan. Semua kartu-kartu ciptaan Clow Reed sebanyak 52 lembar (17 lembar dalam manga) berhamburan ke seluruh penjuru kota Tomoeda.

Sakura pun bertugas untuk mengumpulkan kembali kartu-kartu itu dibantu makhluk bernama Cerberus, yang muncul bersamaan saat buku itu terbuka.

2. Sailor Moon

Manga Sailor Moon yang diterbitkan oleh Naoko Takeuchi kini menjadi franchise terkenal. Menceritakan tentang kepahlawanan 5 perempuan dengan kekuatan super dari elemen alam dan tata surya itu melawan musuh dari kegelapan.

Sailor MoonSailor Moon Foto: Sailor Moon

Para pahlawan Sailor Moon punya misi untuk mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.

Kesuksesan serial ini membawanya ke layar lebar meski masih berupa anime dan terakhir Sailor Moon dibuat dalam bentuk tokusatsu atau sci-fi.

3. Ao Haru Ride/ Blue Spring Rude

Seri manga shoujo yang ditulis dan diilustrasikan oleh Io Sakisaka mulai terbit pada Februari 2011 dan berakhir di Februari 2015.

Ao Haru Ride menceritakan tentang Yoshioka Futaba yang jatuh cinta saat masih SMP. Pria yang berhasil merebut hatinya adalah Tanaka Kou atau Mabuchi Kou setelah berganti nama tiga tahun berikutnya.

Saat SMA, ia kembali satu sekolah dengan pria pujaan hatinya namun kepribadiannya telah berubah.

4. Yona of the Dawn

Manga yang ditulis dan digambar oleh Mizuho Kusanagi menceritakan tentang putri tunggal kerajaan Kouka yang dahulunya diperintah oleh naga merah berbentuk manusia.

5 Rekomendasi Manga Shoujo Terbaik5 Rekomendasi Manga Shoujo Terbaik Foto: Istimewa

Putri Yona menjalani kehidupan istana yang mewah dan jatuh cinta dengan sepupunya Su-won. Pengawalnya Son Hak juga mencoba melindungi sang putri dengan sekuat tenaga dari hal mengerikan di luar tembok kastil.

5. Akagami no Shirayukihime

Akagami no Shirayukihime atau kerap disebut dengan manga Show White with the Red Hair mulai rilis pada 10 Agustus 2006 dan masih berlangsung sampai sekarang.

Manga yang ditulis oleh Sorata Akizuki menceritakan tentang seorang perempuan bernama Shirayuki yang punya rambut berwarna merah. Pangeran dari kerajaan Tanbarun, Raji, meminta Shirayuki untuk menjadi selirnya namun ia menolak dan melarikan diri.

5 Rekomendasi Manga Shoujo Terbaik5 Rekomendasi Manga Shoujo Terbaik Foto: Istimewa


Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)