Menyelam Sedalam 1cm Mencari Kebahagiaan Lewat Buku Ini

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 10 Mei 2021 16:20 WIB
1cm Diving
(Foto: dok. Penerbit Haru) Berkolaborasi dengan Penerbit Haru, Podcast ngedrakor! mengulas buku 1cm Diving sebagai episode bonus pekan ini. Kamu bisa langsung dengar podcast-nya di sini!
Jakarta -

Mencari kebahagiaan mungkin adalah PR semua orang saat ini. Di tengah kondisi yang sulit karena pandemi dan ritme hidup yang benar-benar berubah dari tahun-tahun sebelum COVID-19 menyerang. Pertanyaan sejuta dolar orang-orang, di mana sih menemukan kebahagiaan? Bagaimana kalau ternyata kebahagiaan itu sebenarnya hanya berjarak 1 sentimeter saja dari posisi kamu saat ini?

Lewat 1cm Diving, dua penulis Korea Selatan bernama Taesoo dan Moonjung menuliskan sederet esai tentang kehidupan mereka. Berangkat dari kegundahan masing-masing soal hidup dan segala pencapaian yang ingin mereka raih hingga akhirnya lelah dan depresi, Taesoo dan Moonjung menemukan kebahagiaan yang ternyata jaraknya hanya 1 sentimeter saja dari kenyataan.

Berkolaborasi dengan Penerbit Haru, Podcast ngedrakor! mengulas buku 1cm Diving sebagai episode bonus pekan ini. Kamu bisa langsung mendengarkan podcast-nya di bawah ini:

Buku 1cm Diving ini berisikan cerita-cerita dari Taesoo dan Moonjung secara bergiliran. Keduanya menuliskan pengalaman-pengalaman pribadi mereka yang semua orang bisa jadi juga mengalami. Lalu dari situ mereka mencari hal baik dan menemukan cara untuk membuat diri mereka tertawa dan bahagia tanpa perlu berusaha berlebihan.

Pembaca nggak cuma diajak buat tahu lebih banyak soal hidup dua penulisnya, tapi mereka juga mengajak siapapun yang membaca buku ini untuk ikut mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang berjarak 1 sentimeter dari kenyataan itu. Ada halaman-halaman kosong di setiap bagian buku yang harus diisi oleh pembaca, sehingga mereka pun bisa menemukan hal menyenangkan dalam kehidupan mereka yang mungkin sebelumnya nggak pernah terpikirkan.

Taesoo dan Moonjung mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana tapi cukup membuat kita berpikir juga. Seperti misalnya "Apa sih yang lebih menyenangkan dari smartphone?", "Pernah nggak kamu merasa nggak apa-apa ketika membuat orang lain kecewa?", atau "Apa sih cara paling ampuh buat menghilangkan stres versi kamu?"

Menulis di halaman kosong buku 1cm Diving ini membuat pembacanya seperti ikut membuat jurnal pribadi. Pada akhirnya catatan ini jadi kumpulan esai tentang "menyelam" sedalam 1 sentimeter di luar kenyataan demi mencari kebahagiaan yang personal.

1cm Diving dirilis oleh Penerbit Haru yang berkolaborasi dengan Podcast ngedrakor! di salah satu episode podcast beberapa waktu lalu. Kamu bisa mendengarkan podcast-nya di Spotify, Apple Podcasts, Google Podcast, dan Anchor atau play di bawah ini:

(aay/wes)