Alasan Dee Lestari Buat Rapijali Jadi Dua Bagian

Tia Agnes - detikHot
Senin, 01 Mar 2021 11:05 WIB
Dee Lestari
Dee Lestari menerbitkan Rapijali 2 pertengahan tahun ini Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Dee Lestari mengumumkan cerbung Rapijali yang kini terbit dalam bentuk novel cetak oleh Bentang Pustaka menjadi dua bagian. Mengapa novelis Supernova itu membuatnya menjadi serial?

Secara tak sengaja, Dee Lestari dan tim memutuskan untuk merahasiakan keputusan tersebut karena membuatnya menjadi dua bagian.

"Keputusan merahasiakannya nggak sengaja sih," tutur Dee Lestari saat peluncuran edisi cetak Rapijali, Minggu (28/2/2021).

Dee Lestari mengatakan ketika bersama tim membicarakan soal komunikasi produk, dari awal tidak ingin menyebutkan ada serial di depannya. Pihaknya ingin memberikan kejutan kepada para pembaca.

"Ketika aku berhasil mempublikasikan bocoran Rapijali dengan jempol, jadi didesain sedemikian rupa. Kenapa dia (Rapijali) menjadi serial dan tidak hanya terbit satu buku, karena kembali lagi ke cerita," lanjut Dee.

Perempuan yang pernah tergabung dalam trio vokal Rida Sita Dewi itu menjelaskan ketika novelnya menyasar segmentasi lebih muda dan naskah lebih tebal dari Aroma Karsa maka diputuskan menjadi dua bagian.

"Kebutuhan cerita yang lebih kompleks dan nggak bisa dipersingkat. Ketika terbit lebih tebal, otomatis terjadi pemecahan. Menurut aku juga cukup strategis secara cerita dan struktur yang pas," sambungnya.

[Gambas:Instagram]



Keputusan membagi menjadi dua bagian, Dee menjelaskan juga karena tenggat penerbitan karya yang terbilang dekat.

"Kalau sampai dua tahun atau lebih, kan kasihan pembacanya. Tapi karena ini pertengahan tahun ini, jadi saya mantap untuk rilis dibagi menjadi dua bagian," katanya terkekeh.

Rapijali awalnya terbit dalam dua format, yakni melalui cerita bersambung (cerbung) digital di platform Storial.co di awal tahun. Lalu penerbitan secara cetak oleh Bentang Pustaka di akhir Februari 2021.

Rapijali merupakan judul karya terbaru Dee Lestari mengawali tahun 2021. Karya yang menjadi manuskrip tertua yang disimpan Dee selama 27 tahun akhirnya berkesempatan rilis tahun ini. Rapijali awalnya berjudul Planet PING yang ditulis Dee saat remaja.



Simak Video "Siapkan Stamina, Ini Kiat-kiat Menulis dari Dee Lestari"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)