5 Buku untuk Dibaca saat Akhir Pekan Panjang

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 14 Agu 2020 15:27 WIB
Buku puisi Sapardi Djoko Damono Berjudul mBoel
Berikut 5 rekomendasi buku yang bisa dibaca akhir pekan panjang Foto: @sastragpu/ Sapardi Djoko Damono/ Istimewa
Jakarta -

Jelang akhir pekan panjang, ada banyak rekomendasi buku pilihan yang bisa kamu baca selama tiga hari ke depan. Jangan lewatkan membaca buku-buku terbaru yang baru saja rilis bulan ini.

Berikut 5 rekomendasi buku yang bisa kamu baca, seperti dirangkum detikcom:

1. Kekasih Musim Gugur (Laksmi Pamuntjak)

Sekuel novel Amba karya Laksmi Pamuntjak baru saja rilis akhir Juli lalu. Novel Kekasih Musim Gugur adalah kisah tentang dua perempuan Srikandi (Siri) dan Dara. Satu perempuan adalah seniman kosmopolitan dan satunya lagi seorang aktivis politik.

Siri merupakan anak haram dari Amba dan Bhisma, tokoh utama dalam novel pertama Laksmi Pamuntjak, Amba.

Siri tak hanya menghadapi realita keluarganya yang pedih tapi juga jalin-kelindan kompleks antara seni rupa, agama, politik, dan sejarah. Terutama ketika salah satu pameran seninya dihujat dan dianggap melanggar norma.

[Gambas:Instagram]



2. Convenience Store Woman/ Gadis Minimarket (Sayaka Murata)

Novel karya penulis Jepang, Sayaka Murata, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU). Karya ke-10 dari sang novelis rilis perdana sejak 2016 dan meraih Akutagawa Prize.

Di Indonesia, novelnya rilis pada 3 Agustus 2020 menceritakan tentang perempuan berusia 36 tahun bernama Keiko Furukura yang bekerja di sebuah minimarket sepanjang hidupnya. Di kehidupan sosial, ia merasa terasing dan banyak tekanan menjadi normal termasuk persoalan menikah.

[Gambas:Instagram]



3. Gua Jepang (Kisah Tanah Jawa)

Seri terbaru dari Kisah Tanah Jawa bisa dibaca untuk menemani akhir pekan panjangmu. Sebelumnya, Kisah Tanah Jawa merilis buku Bank Gaib, Unit Gaib Darurat, dan Pocong Gundul.

Seri keempat Gua Jepang: Tragedi dalam Sebilah Pedang menceritakan tentang sebuah tempat yang menimbulkan korban, para prajurit, jugun ianfu, romusha, dan Kisah Tanah Jawa menginvestigasi lebih detail.

[Gambas:Instagram]



4. Sekuel Novel 5 cm (Donny Dhirgantoro)

Setelah 15 tahun berlalu, sekuel novel 5 cm menceritakan tentang bagaimana para karakter menghadapi quarter-life crisis. Keseruan kelima karakter terulang kembali saat mereka melakukan perjalanan di bulan Agustus atau bertepatan dengan momen kemerdekaan Indonesia.

Mereka melakukan perjalanan ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Novelis Donny Dhirgantoro menghadirkan keindahan tersembunyi dari NTB menjadi latar cerita.

[Gambas:Instagram]



5. Buku puisi mBoel (Sapardi Djoko Damono)

Sepeninggal Sapardi Djoko Damono, buku puisi mBoel rilis bulan ini. Sebanyak 80 sajak yang ditulis sang penyair untuk istri tercinta, Sonya Sondakh, terangkum.

Rencana perilisan buku puisi mBoel tetap terwujud meski Sapardi Djoko Damono telah meninggal. Setelah resmi diluncurkan, buku puisi mBoel dijadwalkan terbit reguler dalam format hardcover mulai 17 Agustus 2020.



Simak Video "Sapardi Djoko Damono Ingin Puisi Kian Populer Lewat Musikalisasi Puisi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)