detikHot

book

5 Inspirasi Eiichiro Oda Buat Manga One Piece

Kamis, 09 Jul 2020 12:07 WIB Tia Agnes - detikHot
Manga One Piece 5 Manga yang Menginspirasi One Piece Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga One Piece menjadi komik terpopuler selama 20 tahun belakangan dan terus mendapat tempat terbaik di hati para penggemarnya. Anime One Piece pun kembali tayang setelah sempat terhenti karena COVID-19.

Eiichiro Oda diketahui menggambar sejak remaja dan bekerja dengan komikus legendaris Jepang. Ia banyak membaca manga sampai mempengaruhinya dalam membuat One Piece.

Jauh sebelum manga One Piece dikenal sampai sekarang, mangaka (komikus) One Piece, Eiichiro Oda, terinspirasi dengan berbagai manga Jepang. Dari inspirasi itulah, Eiichiro Oda membentuk karakter dan semesta negeri Wano.



Berikut 5 inspirasi komik Jepang sebagai referensi Eiichiro Oda buat manga One Piece:

1. Sailor Moon

Manga ciptaan Naoko Takeuchi menceritakan tentang kepahlawanan 5 perempuan dengan kekuataan super dari elemen alam dan tata surya. Diterbitkan sejak dekade 1990-an, Sailor Moon menjadi salah satu inspirasi bagi manga One Piece.

Seragam bajak laut yang di dalam manga One Piece selalu mencolok dan berwarna-warni. Seragamnya mengingatkan pada Sailor Scouts punya Sailor Moon.

Sailor Moon melawan penyakit menular seksualManga Sailor Moon Foto: BBC



2. Rurouni Kenshin

Siapa sih yang tidak kenal dengan Rurouni Kenshin atau Samurai X? Di masanya, manga dan anime Rurouni Kenshin disukai oleh generasi 90an.

Eiichiro Oda diketahui pernah magang menjadi asisten dari mangaka (komikus) Nobuhiro Watsuki. Banyak yang berspekulasi, Eiichiro Oda terpengaruh dengan manga Rurouni Kenshin ketika menggarap One Piece.

Meski latar dan cerita berbeda, tapi ada satu hal yang berpapasan. Rurouni Kenshin memiliki latar masa Jepang feodal dan ada banyak samurai. Di One Piece, di busur negeri Wano ada juga latar Jepang masa feodal.

Lukisan tinta cair 'Rurouni Kenshin'Lukisan tinta cair 'Rurouni Kenshin' Foto: Anime News Network



3. Dragon Ball

Manga Dragon Ball menjadi komik Jepang yang paling dihormati sepanjang masa. Dalam sebuah wawancara, Eiichiro Oda mengatakan juga terinspirasi dari manga Dragon Ball.

Seri Dragon Ball fokus pada aksi, petualangan, dan menemukan artefak mistis yaitu 9 bola naga. One Piece juga mengikuti premis yang mirip.

Eiichiro Oda diketahui mengikuti gaya penulis Toriyama dan selera humor sebagai salah satu inspirasinya. Karakter yang dibuat Ode dan Toriyama sama-sama abstrak, salah satu contoh adalah kepribadian Luffy dan Goku.

Manga yang Menginspirasi One PieceManga yang Menginspirasi One Piece Foto: Istimewa



4. Jojo Bizzare Adventure

Manga yang diciptakan Hirohiko Ariki mempengaruhi seluruh industri manga Jepang. Salah satu kontribusi yang paling jelas adalah kemampuan buah iblis di One Piece yang aneh, dan mirip dengan kemampuan Stand di Jojo's Bizarre Adventure.

Kemampuan di antara dua komik tersebut dibilang mirip. Trafalgar Law dari One Piece, buah iblis, dan Ope Ope No Mi punya kemampuan yang mirip.

Manga yang Menginspirasi One PieceManga yang Menginspirasi One Piece Foto: Istimewa



5. Ranma 1/2

Kekuatan Monkey D Luffy di manga One Piece banyak yang bilang aneh. Ia menjadi manusia yang punya kekuataan karet. Hal yang sama juga terjadi di manga Ranma 1/2.

Karakter protagonis di manga Ranma 1/2 bisa berubah menjadi perempuan ketika disiram dengan air dingin. Luffy di manga One Piece juga punya kekuataan karena sebuah kecelakaan.

Dia tanpa sadar makan buah misterius yang memberinya kekuataan karet. Kedua karakter yang punya kekuataan dari keadaan yang tak biasa.

Manga yang Menginspirasi One PieceManga yang Menginspirasi One Piece Foto: Istimewa



Simak Video "Serial Live Action ''One Piece'' Disebut-sebut Bakal Digarap Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com