detikHot

book

JK Rowling Dikutuk Komunitas Harry Potter karena Cuitan Antitransgender

Jumat, 03 Jul 2020 11:36 WIB Tia Agnes - detikHot
JK Rowling Foto: IMDB/ Istimewa JK Rowling mendapat kecaman dari dua komunitas Harry Potter terbesar yakni MuggleNet dan Leaky Cauldron.
Jakarta -

Penulis seri buku Harry Potter, JK Rowling, masih saja menuai kontroversi karena cuitan antitransgender. Perdebatan yang belum berakhir itu membuat dua komunitas fans terbesar Harry Potter bersatu dan mengecam dan mengutuk opini sang novelis.

Dua komunitas penggemar Harry Potter terbesar menulis surat terbuka dan mengkritik JK Rowling. Komunitas bernama MuggleNet dan Leaky Cauldron posting pernyataan bersama dan diunggah ke situs resmi.

"Ketika fandom ini memasuki usia tiga dekade, JK Rowling memilih untuk mengutarakan keyakinan yang berbahaya dan tidak terbukti tentang apa artinya menjadi seorang transgender," tulis pernyataan dalam situs komunitas Harry Potter.



Mereka juga menyebut merasa jijik dengan opini JK Rowling. Menurut fandom Harry Potter, pilihan JK Rowling yang tinggal di Skotlandia untuk berkicau soal antitransgender di momen ketidakadilan rasial dan bulan Pride bagi LGBTQ adalah momen yang salah.

"Meski pun sulit untuk berbicara menentang seseorang yang karyanya telah lama kita kagumi, akan salah jika kami tidak menggunakan platform untuk menangkal bahaya yang ia sebabkan," tulis fandom MuggleNet dan Leaky Cauldron lagi.

JK RowlingJK Rowling mendapat kecaman dari dua komunitas Harry Potter terbesar soal cuitan antitransgender yang menuai kontroversi. Foto: IMDB/ Istimewa



Dua komunitas itu juga menegaskan sikap mereka tegas yakni perempuan transgender adalah perempuan. Pria transgender adalah pria dan orang non-biner adalah non-biner.



"Orang interseks ada dan tidak boleh dipaksa untuk hidup dalam biner. Kami berdiri bersama penggemar Harry Potter di komunitas ini dan sementara kami tidak memaafkan perlakuan buruk yang diterima JKR karena mengutarakan pendapatnya tentang transgender. Kami juga menolak pendapat JK Rowling soal transgender," tegas mereka.

Para penggemar juga menyebut akan membuat hastag #JKR di Twitter sehingga fans membisukan tagar dan menghindari melihat unggahan JK Rowling mulai sekarang. Nama JK Rowling juga dihapus dari menu navigasi di website.

Cuitan antitransgender yang dilontarkan JK Rowling bulan lalu menuai kontroversi. Kemudian ia posting esai 3.800 kata pengalamannya mendapatkan KDRT, kekerasaan seksual, dan klarifikasi cuitan antitransgender.




Simak Video "Daniel Radcliffe Respons Cuitan J.K. Rowling soal Transgender"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com