Diskon Besar-besaran, Jakarta Book Fair 2020 Digelar Online

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 01 Jul 2020 15:09 WIB
Pengunjung memadati Pameran buku Big Bad Wolf yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition, Tanggerang, Sabtu (30/04/2016).  Pameran buku Big Bad Wolf yang diselenggarakan hingga tanggal  8 Mei 2016 ini menyajikan sebanyak 2 juta buku dengan diskon 60% hingga 80%. Grandyos Zafna/detikcom
Foto: Grandyos Zafna Diskon Besar-besaran, Jakarta Book Fair 2020 Digelar Online
Jakarta -

Pandemi Corona membuat sejumlah acara batal sampai ditunda penyelenggaraannya. Pameran buku ibukota yang bernama Jakarta Book Fair 2020 pun terpaksa digelar secara online bekerja sama dengan marketplace Shopee.

Pameran buku yang digelar oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dibuka mulai 29 Juni dan berlangsung hingga 2 Juli 2020. Ada diskon besar-besaran yang disiapkan bagi pencinta buku Tanah Air.

Ketua IKAPI DKI Jakarta, Hikmat Kurnia, mengatakan di situasi pandemi COVID-19 pihaknya menghadirkan alternatif penyelenggaraan yang bisa mempertemukan konsumen di seluruh Indonesia.



"Ini adalah respons atas kebutuhan para penerbit untuk membuka peluang pasar yang lebih luas secara daring," ungkap Hikmat dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Jakarta Book Fair Online 2020 menghadirkan 90 penerbit yang berpartisipasi. Ada 31 ribu judul buku dan lebih dari 900 ribu eksemplar yang disiapkan selama pameran buku berlangsung.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang menyampaikan sambutaannya secara online di hari pertama penyelenggara mengapresiasi pameran buku tersebut.



"Jakarta Book Fair Online punya tantangan karena menjaga jarak menjadi sesuatu yang amat sangat sulit dilakukan di masa sekarang. Karena itu ketika dilakukan secara online, saya menyambut baik," tuturnya dalam video.

[Gambas:Instagram]





Di tengah kondisi COVID-19 dan penerapan new normal, Pemprov DKI menyambut baik inisiatif penyelenggaraan secara daring.

"saya menyambut baik, bahwa pameran buku ini kesempatan untuk meningkatkan kemampuan literasi, menumbuhkan minat baca, juga menambah ilmu pengetahuan," ujarnya.

Industri buku adalah salah satu lini yang terdampak imbas COVID-19. Banyak penerbit yang terkena dampaknya karena berbagai tempat toko buku yang terletak di mal-mal terpaksa harus ditutup.

Jakarta Book Fair Online 2020 menawarkan diskon sampai dengan 70 % dan rangkaian acara talkshow bersama para penulis.



Simak Video "Anies Bantah Terlibat dalam Tim Penyusun Omnibus Law UU Cipta Kerja!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)