Mengenal Komikus Album Donal Bebek, Don Rosa

Tia Agnes - detikHot
Senin, 22 Jun 2020 16:00 WIB
Komik Album Donal Bebek
Foto: Istimewa
Jakarta -

Tak banyak yang tahu nama komikus di balik komik album Donal Bebek. Sosok tersebut adalah pria kelahiran 29 Juni 1951, Don Rosa.

Giochino 'Keno' Don Hugo Rosa atau akrab disapa Don Rosa dikenal sebagai penulis sekaligus seniman yang menggambar Donal Bebek, Paman Gober, dan karakter-karakter Disney lainnya.

Lahir di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, karya Don Rosa yang paling terkenal adalah The Life and Times of Scrooge McDuck atau dalam bahasa Indonesia yang artinya Kisah Hidup Paman Gober.

Cerita ini awalnya hanya dibuat sebanyak 12 bab dan 212 halaman namun akhirnya diperpanjang. Di antara judul-judul yang dipublikasikan adalah The Last of the Clan Mcduck, The Master of the Mississippi, The Buckaroo of Badlands hingga The Richest Duck in the World.



Komik-komik yang digarap Don Rosa juga rilis di Indonesia. Setelah 12 bab soal Paman Gober, ia juga menulis cerita tambahan yang dalam versi bahasa Indonesia masuk ke dalam alur yang besar.

Nama peraih penghargaan Eisner melambung setelah, ia menulis cerita Donal Bebek di tahun 1987 lewat judul The Son of the Sun.

Dalam catatan yang dipublikasikan di Wikipedia, Don Rosa menggarap sampai 2006. Salah satu edisi spesial yang ditulisnya adalah A Letter From Home (Surat dari Rumah).

Ia juga menuliskan kisah tentang kehidupan Paman Gober dari 1877 sampai 1947. Komik Album Donal Bebek, menjadi pembicaraan setelah redaksi penerbit mengumumkan akan menghentikan edisi bahasa Indonesia dari komik terpopuler Donal Bebek.

Pada 29 Juni 2020 di nomor edisi ke-2019 jadi edisi terakhir dari Album Donal Bebek. Selanjutnya, komik Disney itu tidak akan terbit lagi di Indonesia.



"Sedih, kecewa, sudah pasti dirasakan oleh seluruh pembaca setia. Tapi inilah garis kehidupan album petualangan keluarga bebek berbaju di tanah air kita. Jika ada pertemuan, pasti ada perpisahan," tulis redaksi penerbit.

Saat ini belum diketahui apa penyebab komik album Donal Bebek tidak terbit lagi, entah karena dampak COVID-19 yang juga berakibat pada industri buku atau alasan lainnya.

"Ceritakanlah, bahwa pernah di suatu masa ada bebek berbaju kelasi dari Kota Bebek yang menghibur pembacanya di Indonesia selama 44 tahun," tutup redaksi.



Simak Video "Viralnya Tangisan Wibu Dengar Rumor Kematian Naruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)