Fans Marah, Manga Boruto 47 Ungkap Kashin Koji Manusia Buatan Jiraiya

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 19 Jun 2020 12:46 WIB
Manga Boruto 47
Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga Boruto chapter 47 mengungkapkan fakta terbaru yang membuat fans Naruto marah. Komik Jepang Boruto: Next Generation yang dirilis kemarin membuat para pembaca terguncang dengan identitas sebenarnya dari karakter Kashin Koji.

Karakter yang merupakan anggota rahasia Organisasi Kara tampaknya punya hubungan dengan Jiraiya yang meninggal. Jiraiya diketahui adalah tokoh penting dalam perkembangan hidup Naruto. Kematian salah satu Sannin legendaris itu juga membuat penggemar terpukul.

Baru saja terbit, fans Naruto marah kepada komikus Ukyo Kodachi. Kemarahan dan protes para penggemar menduduki Trending Topic Twitter Indonesia sejak semalam.

Dalam manga Boruto 47, Kashin Koji berhasil membuat tubuh Jigen hancur sehingga Isshiki Otsutsuki muncul dalam wujud aslinya. Amado mengaku menciptakan Koji untuk misi ini namun tidak untuk mengalahkannya.



Di akhir manga Boruto chapter 47, Isshiki Otsutsuki mengungkapkan identitas asli Kashin Koji. Ia siap-siap untuk membunuhnya.

"Kini aku mengerti. Amado ingin bergantung padanya, pada kekuatan takdir orang itu, kepada setitik perubahan. Kashin Koji klon dari Jiraiya satu dari tiga Sannin legendaris. Kematianmu di sini, juga telah ditakdirkan kembali di dalam sel tubuhmu," ungkap Isshiki Otsutsuki menantang Kashin Koji.

Identitas Kashin Koji terungkap adalah clone atau manusia buatan Jiraiya.

Di Twitter, fans Naruto meminta agar sang komikus Boruto Ukyo Kodachi tidak memunculkan kembali kenangan akan Jiraiya melalui manusia buatan Kashin Koji.

"Yang aku tidak mengerti. Jasad Jiraiya mati di dasar laut, sangat dalam bahkan Kabuto tidak bisa menghidupkannya kembali. Tapi orang ini (Amado) berhasil melakukannya setelah bertahun-tahun di dasar laut dengan teknologi. Yang benar saja?" kata fans, seperti dilihat detikcom.



Sejak 1999, manga Naruto yang diterbitkan Masashi Kishimoto terbit sampai 2014. Setelah 72 volume, komiknya selesai terbit.

Selama 15 tahun, pembaca setia Naruto pun menunggu kelanjutan ceritanya. Ketika manga Boruto yang digarap oleh Ukyo Kodachi bersama Mikio Ikemoto sebagai ilustrator sejak 2016 terbit, fans langsung bergembira. Komikus Masashi Kishimoto terlibat menjadi pengawas dalam manga Boruto.



Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)