ADVERTISEMENT

2 Buku yang Bisa Kamu Baca untuk Dukung Black Lives Matter

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 12 Jun 2020 16:00 WIB
NEW YORK, NY - APRIL 13:  Atmosphere at and event celebrating Harper Lee and
Foto: Getty Images
Jakarta -

Isu rasialisme tengah dibicarakan belakangan ini. Patung maupun monumen yang dianggap rasial pun dirusak dan dihancurkan oleh para pandemo Black Lives Matter.

Tapi industri buku yang menerbitkan buku-buku dengan tema rasial justru meningkat tajam. Bagi kamu yang ingin membaca buku atau novel tentang isu tersebut, berikut di antaranya:

1. To Kill a Mockingbird (Harper Lee)

Novel karangan Harper Lee yang terbit pada 1960 menceritakan isu diskriminasi ras hingga kesenjangan sosial. Bukunya merupakan hasil pengamatan sang novelis terhadap keluarga, tetangga, dan kejadian yang terjadi di sekitarnya saat ia masih berumur 10 tahun.



Novel 'To Kill a Mockingbird' menceritakan tentang kehidupan anak bernama Scout yang tinggal bersama kakaknya Jem dan ayahnya Atticus. Atticus berprofesi sebagai pengacara di kota kecil bernama Maycomb.

Scout yang kala itu masih berusia delapan tahun begitu banyak belajar melihat dunia melalui kehidupan sang ayah.

2. The Hate U Give (Angie Thomas)

Novel yang mendapatkan penghargaan Goodreads Choice Awards 2017 for YA Fiction and Debut Author menceritakan salah satu kasus rasialisme yang terjadi di AS.

'The Hate U Give' mengisahkan tentang perempuan kulit hitam, Starr Carter (16 tahun) yang hidup di antara dua dunia berbeda. Ia tinggal di lingkungan kumuh tempatnya lahir dan tumbuh besar, serta bersekolah di SMA bergengsi.

Keseimbangan dua dunia yang mati-matian ia jaga itu hancur berantakan ketika Starr menjadi satu-satunya saksi dari tragedi penembakan sahabatnya, Khalil, oleh seorang polisi. Padahal saat itu Khalil tidak bersenjata.

Tewasnya Khalil jadi tajuk berita utama. Mereka menyebut pemuda itu preman, pengedar narkoba, dan anggota geng. Demo besar-besaran memenuhi jalanan atas nama Khalil.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Sahabat Sebut Hilman Hariwijaya Sempat Alami Stroke Ringan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT