detikHot

book

Djenar Maesa Ayu Ungkap Satu-satunya Cara Belajar Menulis Buku

Kamis, 04 Jun 2020 17:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Djenar Maesa Ayu lahir di Jakarta, 14 Januari 1973; umur 43 tahun adalah seorang aktris pemeran, penyiar berita utama wanita dan pemimpin redaksi yang berdomisli dari Jakarta dalam program berita Lensa Indonesia Sore Rajawali Televisi untuk akhir pekan sejak pada tanggal 3 Mei 2014. Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Djenar Maesa Ayu blak-blakan menceritakan mengenai karier menulis hingga karya-karyanya. Termasuk buku kumpulan cerpen 'Mereka Bilang, Saya Monyet!' yang melambungkan namanya.

Penulis yang juga pemain film itu menceritakan ketika ditanya pembaca apa sih cara untuk menulis kreatif maupun buku, maka ia akan menjawab lugas.

"Satu-satunya cara belajar menulis buku ya dengan menulis. Pada saat kita menulis, di situlah kita belajar kreativitas dan sensitivitas kita," tutur Djenar ketika berbincang di Live IG penerbit GPU, seperti dikutip detikcom.

Djenar mengatakan kreativitas seseorang atau antar satu penulis dengan penulis lainnya sama sekali tak bisa disamakan. Kreativitas itu ada di dalam diri orang masing-masing.



Ia mencontohkan ketika seseorang ingin menulis soal keprihatinan akibat COVID-19 tapi penulisnya hidup berkecukupan dan tinggal mewah, maka akan menjadi sulit.

"Belagak nulis tentang keprihatinan, padahal mereka nggak mengerti. Menulis tentang kematian juga tidak harus mati dulu tapi paling nggak harus punya empati dan sensitivitas kita. Itulah yang membedakan dalam memandang sesuatu," sambung Djenar.

Dia pun menambahkan, "Maka sarannya ya dilakukan dulu. Ditulis dulu, itu yang terpenting."

Perempuan kelahiran 14 Januari 1973 ini berasal dari keluarga seniman. Darah seni didapatkan dari ayahnya, Sjumandjaja yang menjadi sutradara dan ibunya Tutie Kirana yang merupakan aktris terkenal.

Sejumlah karya sukses diterbitkan di antaranya adalah kumpulan cerpen 'Mereka Bilang, Saya Monyet! dan menjadi buku terbaik di Khatulistiwa Literary Award.




Simak Video "Tampil di Konser Drive-in, Kahitna-Afgan Wajib Rapid Test"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com