detikHot

book

Semangat Menulis saat Pandemi, Vabyo Tulis Novel Terbaru

Jumat, 29 Mei 2020 09:27 WIB Tia Agnes - detikHot
Penulis Valiant Budi saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Saat pandemi COVID-19 yang mengharuskan warganya berdiam diri di dalam rumah, Valiant Budi atau akrab disapa Vabyo justru aktif menulis. Kini penulis yang tinggal di Ubud tengah menggarap novel terbaru.

Kabar itu terungkap saat Live IG bersama penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU), beberapa waktu lalu. Vabyo menuturkan novel terbarunya masih berhubungan dengan buku kumpulan cerpen 'Tukar Takdir' yang rilis pertengahan 2019 lalu.

"Sebenarnya setiap cerpen dari 'Tukar Takdir' itu sudah siap ide outline buat novelnya. Nah, bocorannya sih sejauh ini ada dua cerpen yang rencananya bakal lanjut. Satu jadi novel, satunya lagi film," tutur Vabyo ketika dihubungi detikcom, Jumat (29/5/2020).



Saat ini, penggarapan novelnya sudah mencapai 50 %. Di masa karantina agar terhindar dari COVID-19, Vabyo mengatakan ia menggebu-gebu untuk menulisnya.

Penulis Valiant Budi saat berkunjung ke kantor detikcom.Penulis Valiant Budi saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT



"Lagi semangat banget nih nulisnya," sambungnya.

Kumcer 'Tukar Takdir' memuat perkara yang kita takuti dan pasti terjadi dalam 12 (dua belas) nasib yang salah satunya mungkin pernah, sedang, atau akan jadi milikmu.



Di antara 12 cerpen, mana yang menjadi novel?

"Petunjuknya yang soal ditinggal kawin dan kipas angin," ucapnya.

Cerita itu, lanjut Vabyo, punya feedback pembaca yang bagus. "Cerpennya yang paling sering dikritik 'kok gantung sih'? Padahal ada lanjutannya," tukasnya.




Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com