Cak Nun Terbitkan Buku 'Lockdown 309 Tahun' saat Pandemi Corona

Tia Agnes - detikHot
Senin, 18 Mei 2020 13:15 WIB
Buku Cak Nun Lockdown 309 Tahun
Foto: Bentang Pustaka/ Istimewa
Jakarta -

Emha Ainun Nadjib atau akrab disapa Cak Nun merilis karya tengah di tengah pandemi Corona. Buku berjudul 'Lockdown 209 Tahun' yang diterbitkan Bentang Pustaka resmi rilis.

Selama masa pandemi, Cak Nun menulis lebih dari 80 artikel untuk dipublikasikan. Dilansir dari akun Instagram @pustakacaknun, buku ini membuka ruang untuk berbagi kegelisahan dan refleksi atas munculnya pandemi yang menguasai dunia.

"Corona virus tidak punya kesalahan dan dosa apa pun. Ia bukan makhluk pikiran dan hati yang punya kemungkinan untuk berniat sesuatu, merancang kebaikan atau keburukan, menyatakan dukungan atau perlawanan atas kehidupan umat manusia di muka bumi," tulis @pustakacaknun.

Buku Cak Nun 'Lockdown 309 Tahun'Buku Cak Nun 'Lockdown 309 Tahun' Foto: Bentang Pustaka/ Istimewa



"COVID-19 bukan bagian dari Jin atau Manusia, yang di ujung zaman kelak harus mempertanggungjawabkan perilakunya di forum Hisab Allah. Corona dipancing, dirangsang dan direkayasa sendiri oleh budaya manusia, oleh ilmunya yang angkuh, oleh pengetahuannya yang congkak dan oleh peradabannya yang penuh kibriya'," sambungnya lagi.

'Lockdown dan 309 Tahun' menceritakan banyak hal yang terjadi selama masa pandemi. Bukunya juga menyinggung berbagai permasalahan yang ada di dalamnya.

Cak Nun pun memberikan pertanyaan, 'apa pelajaran yang sudah dipetik dari fenomena yang kelak menjadi bagian sejarah?'.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "MUI Haramkan Golput, Begini Tanggapan Cak Nun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)