detikHot

book

Rayakan Hari Buku Nasional, Baca 3 Buku yang Buat Kamu Betah di Rumah

Minggu, 17 Mei 2020 10:35 WIB Tia Agnes - detikHot
Novel Aroma Karsa karya Dee Lestari Foto: Bookslife
Jakarta -

Buku adalah jendela dunia. Bertepatan dengan Hari Buku Nasional, masyarakat Indonesia tak bisa merayakannya dengan suka cita berkumpul di luar rumah.

Di masa pandemi Corona, masyarakat diharuskan berada di dalam rumah untuk beribadah, bekerja, dan belajar. Nah, bagi kamu yang suka membaca buku, berikut 3 buku yang bisa membuatmu betah berada di rumah:

1. Segi Tiga - Sapardi Djoko Damono

Sapardi Djoko Damono adalah salah satu penulis produktif yang aktif menerbitkan karya di usia senja. Hampir setiap bulan, ia merilis karya terbaru bagi para pembaca setianya, di antaranya adalah novel 'Segi Tiga'.

Dalam novel, Sapardi membedah bagaimana rumitnya hubungan di antara tokoh-tokoh novel. Serta kelindan di antara tokoh-tokoh novel dan Juru Dongeng yang misterius.

[Gambas:Instagram]



2. Aroma Karsa - Dee Lestari

Salah satu novel bestseller Dee Lestari adalah 'Aroma Karsa'. Novel yang mengedepankan indera penciuman itu menceritakan tentang mitos tanaman Puspa Karsa yang tersembunyi di Gunung Lawu.

Selain setting Gunung Lawu, novel 'Aroma Karsa' juga mendatangi TPA Bantar Gebang sebagai latar cerita. Bahkan sang novelis juga sampai mengikuti kursus parfum di Singapura.

[Gambas:Instagram]



3. Perjamuan Khong Guan - Joko Pinurbo

Jelang Lebaran, biskuit Khong Guan kerap menjadi salah satu cemilan wajib bagi keluarga. Tapi di tangan penyair Joko Pinurbo, Khong Guan menjadi puisi-puisi bermakna.

Dalam buku kumpulan puisi 'Perjamuan Khong Guan' ada 80 puisi. Di dalamnya ada empat bagian yang disebut dengan 'kaleng'. Joko Pinurbo meramu buku dengan gaya khas berpuisinya, menggunakan permainan diksi, logika bahasa, kejenakaan, dan kritik sosial yang diselipkan.




Simak Video "Siasati Anak Bosan di Rumah, Mendongeng Bisa Jadi Pilihan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com